Home Nasional DJKA Kemenhub Gandeng KAI Gelar Program Motor Gratis Bagi Pemudik

DJKA Kemenhub Gandeng KAI Gelar Program Motor Gratis Bagi Pemudik

14
0
KAI siapkan angkutan untuk Program Motor Gratis DJKA Kemenhub. (Foto: Dok. KAI)

Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan kembali menggelar program Motor Gratis (Motis). Program ini mendapat dukungan dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) dengan menyediakan angkutan Motis.

Motis merupakan program tahunan Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan yang menyasar para pemudik, di mana masyarakat bisa mudik bersama motor yang diangkut menggunakan kereta api secara gratis.

Program ini dibuat bertujuan untuk mengurangi jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua dan untuk menekan angka kecelakaan saat mudik Lebaran.

Pendaftaran program Motis 2024 telah dimulai sejak 4 Maret sampai 18 April 2024 melalui laman mudikgratis.dephub.go.id.

DJKA Kemenhub akan mengintegrasikan angkutan Motis dengan pelayanan KA PSO (Public Service Obligation) yang akan melayani 3 lintas pelayanan yaitu:

  • Lintas Utara (PP): Cilegon – Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Tegal – Pekalongan – Semarang Tawang.
  • Lintas Tengah (PP): Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Purwokerto – Kroya – Kutoarjo.
  • Lintas Selatan (PP): Jakarta Gudang – Kiaracondong – Kroya – Gombong – Kebumen – Lempuyangan – Purwosari – Madiun.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, KAI sebagai BUMN operator perkeretaapian mendukung penuh program Motis ini dalam rangka memberikan pelayanan kepada pemudik yang ingin membawa motornya ke kampung halaman.

“KAI siap turut berperan dalam meningkatkan keselamatan pemudik melalui penyediaan rangkaian kereta api angkutan Motis,” ujar Didiek.

“Dengan menggunakan kereta api untuk angkutan penumpang maupun barang, kemacetan di jalan raya dapat dikurangi, serta meningkatkan keselamatan para pemudik pada masa angkutan mudik Lebaran 2024 ini,” sambungnya.

Sementara Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan Arif Anwar berharap penyelenggaraan angkutan Motis kali ini dapat menarik minat lebih banyak masyarakat daripada tahun-tahun sebelumnya.

“Ayo manfaatkan Motis 2024 dan jangan memaksakan diri mudik naik motor karena sangat berbahaya bagi diri kita dan pengendara lainnya,” ujar Arif.

Program Motis 2024 untuk angkutan arus mudik akan diselenggarakan pada tanggal 2-8 April 2024. Sedangkan layanan Motis 2024 untuk angkutan arus balik akan diselenggarakan pada 13-19 April 2024.

Masyarakat memiliki kesempatan untuk membeli 2 tiket penumpang dengan tarif Rp0 untuk angkutan motor dan hanya Rp10 ribu s.d Rp20 ribu untuk tarif penumpangnya.

Untuk info lebih lanjut terkait Motis, masyarakat dapat mengakses mudikgratis.dephub.go.id atau akun Instagram @motis_2024.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here