Home Nasional Buka BRI Microfinance Outlook 2024, Jokowi Soroti Peran Penting UMKM

Buka BRI Microfinance Outlook 2024, Jokowi Soroti Peran Penting UMKM

17
0
Presiden Jokowi memberikan sambutan pada BRI Microfinance Outlook 2024. (Foto: BPMI Setpres/Rusman)

Perhatian pemerintah kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bukan tanpa alasan kuat. Saat ini terdapat sekitar 65 juta UMKM di Indonesia, yang berkontribusi sebesar 61 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional dan menyerap tenaga kerja sebesar 97 persen.

Oleh sebab itu, Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya sektor UMKM bagi ekonomi Indonesia. Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam sambutan pembukaannya pada acara BRI Microfinance Outlook 2024 di Menara BRILiaN, Jakarta, Kamis, (7/3/2024).

Dalam kesempatan tersebut Jokowi memberi apresiasi kepada BRI atas keberhasilannya dalam mengimplementasikan perbankan digital hingga ke tingkat warung kecil, dengan mengelola 740 ribu agen BRILink dan transaksi tahunan mencapai Rp1.400 triliun.

Inisiatif ini dianggap telah mengurangi dominasi rentenir dan memperkuat sektor keuangan mikro. “Ini juga yang harus kita apresiasi,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Jokowi menyinggung tentang bantuan pemerintah dalam bentuk subsidi untuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp46 triliun, yang bertujuan menurunkan suku bunga bagi usaha mikro dan kecil.

Jokowi juga menyoroti pertumbuhan signifikan dalam program pembiayaan mikro, seperti holding BRI UMi dan PNM Mekaar, dengan peningkatan jumlah nasabah yang signifikan.

Jokowi juga memberikan apresiasi atas peningkatan kualitas produk UMKM, termasuk peningkatan kemasan dan penjenamaan (branding), sebagai faktor penting dalam memperkuat daya saing dan kemampuan ekspor UMKM Indonesia.

“Saya sangat menghargai diadakannya acara BRI Microfinance Outlook di setiap tahunnya. Ini kita bisa mendapatkan arah mana, strategi apa yang harus kita bangun agar UMKM kita betul-betul bisa berdaya saing, bisa berkompetisi dengan negara-negara lain,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here