Home Nasional Usai Pencoblosan, Begini Komentar Tegas Mahfud MD

Usai Pencoblosan, Begini Komentar Tegas Mahfud MD

45
0
Mahfud MD saat sarapan bareng dengan para wartawan di Yogyakarta. (Foto: IG Mahfud MD)

Proses penghitungan suara Pemilu dan Pilpres 2024 masih terus berlangsung di tengah berbagai temuan kecurangan yang dilakukan saat pemungutan suara.

Namun, baik pasangan 01 maupun 03 sepakat untuk menunggu hasil rekapitulasi yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Kedua tim bahkan telah melakukan evaluasi dan terus melakukan investigasi kecurangan dalam penghitungan suara.

Dalam publikasi di akun media sosial Instagram pribadinya, cawapres 02 Mahfud MD menuliskan pernyataan yang menyejukan hati.

“Kawan, pemilu telah selesai, tinggal menunggu hasil akhirnya. Kita tak boleh lelah mencintai Indonesia,” tulis Mahfud di Instagram pribadinya, (16/2/2024).

“Perjuangan membangun demokrasi dan keadilan harus kita lanjutkan. Memperjuangkan demokrasi dan keadilan tanpa kenal lelah adalah beyond election yang tak dibatasi oleh pemilu yang periodik,” sambungnya.

Sementara itu saat pengukuhan guru besar di UI Salemba, (17/2/2024), Mahfud MD memberikan penjelasan di hadapan media.

Mahfud menegaskan, “Apapun hasil dari pilpres ini saya akan terus berjuang untuk demokrasi dan keadilan.”

“Dalam memperjuangkan demokrasi dan keadilan bukan hanya melalui pemilu. Pemilu hanya ekspresi dari demokrasi. Saya pernah tidak mendapat jabatan apapun dari tahun 2014-2016 tetapi tetap produktif berjuang dalam demokrasi dan penegakan hukum,” ujar Mahfud.

Mahfud juga menambahkan, gerakan civil society dan kampus-kampus adalah suatu pergerakan demokrasi dan perubahan dari otoritarianisme menuju demokrasi. Sejarah mengajarkan bahwa jika demokrasi disumbat maka demokrasi akan selalu membuka jalan sendiri.

Dalam kesempatan tersebut, Mahfud juga membantah berita hoax yang menyebutkan dirinya dan Ganjar sudah tidak kompak dan diisolasi dari PDI Perjuangan.

Dijelaskan oleh Mahfud bahwa dirinya memang tidak bertemu dengan Ganjar sejak usai kampanye akbar di Semarang dan Solo lantaran dirinya langsung melaksanakan umroh.

“Usai umroh saya langsung ke Yogya untuk mencoblos. Sehingga selama 4 hari saya tidak bertemu Ganjar. Meski begitu, saya sejak sebelum umroh hingga sekarang masih melakukan komunikasi dengan Ganjar,” jelas Mahfud.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here