Home Nasional Upaya Pembebasan Pilot Susi Air, KSAD: Masih Dinegosiasikan

Upaya Pembebasan Pilot Susi Air, KSAD: Masih Dinegosiasikan

20
0

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Maruli Simanjuntak mengaku mendengar informasi bahwa Mabes TNI terus melakukan upaya negosiasi dalam pembebasan pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens yang disandera oleh Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNBP-OPM) atau kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Salah satu negosiasi itu adalah dengan bertemu pihak TPNBP-OPM.

Hal tersebut disampaikan Maruli usai ditanya tentang TPNBP-OPM yang menyebut akan membebaskan Philip setelah satu tahun lebih disandera.

“Kalau saya mengikuti perkembangan dari Mabes TNI, kita terus melakukan upaya-upaya negosiasi. Itu yang saya dengar informasinya,” kata Maruli ditemui wartawan usai menghadiri perayaan Natal bersama TNI AD di Jakarta, Senin (5/2).

Maruli juga mengaku berdasarkan informasi yang masuk ke telinganya, kondisi Philip yang hampir setahun disandera KKB kini dalam keadaan sehat.

“Informasi terakhir, pilot tersebut dalam keadaan sehat,” kata Maruli.

KKB adalah sebutan aparat Indonesia terhadap milisi Organisasi Papua Merdeka (OPM). Terkait upaya pembebasan, Maruli mengaku selama ini komunikasi dengan OPM kurang stabil.

“Kalau saya lihat selama ini, orangnya ini enggak stabil. Kadang-kadang bilang A, besok bilang B lagi di sana,” kata Maruli saat menanggapi pertanyaan mengenai rencana pembebasan pilot Susi Air.

Sebelumnya, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) menyatakan berencana membebaskan Philip pada 7 Februari 2024 atau tepat setahun sejak dia disandera.

Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom menyebut alasan pembebasan itu karena mereka meyakini tidak ada alasan untuk menahan Philip demi kemanusiaan.

“Tidak ada alasan untuk pilot harus ditahan sampai dunia kiamat,” kata Sebby.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here