Home Ekonomi Top! RI Bikin Aspal di Tol IKN Bisa Ngecas Mobil Listrik Sambil...

Top! RI Bikin Aspal di Tol IKN Bisa Ngecas Mobil Listrik Sambil Jalan

38
0
Visi Hijau, berkelanjutan energi terbarukan dari Ibu Kota Nusantara

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui melalui Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) menyatakan jalan tol di IKN bisa diterapkan teknologi pengisian daya baterai mobil listrik ketika melintas di tol tersebut.

“Penerapan teknologi jalan yang dapat mengisi ulang daya mobil listrik di tol IKN tersebut masih berupa konsep dan penerapannya dilakukan secara bertahap,” ujar Ketua Satgas (Kasatgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga, Jumat (16/2/2024).

Menurut Danis, teknologi ini sudah dijalankan di beberapa negara Eropa untuk mendukung pengguna mobil listrik ketika berjalan bisa sambil melakukan isi ulang daya baterai mobil.

“Jadi sudah aspal ada lapisan tertentu lah atau di parking area. Jadi namanya, itu sudah dijalankan di beberapa negara Eropa uji coba untuk mendukung orang sambil jalan bisa nge-charge di tol,” ujar Ketua Satgas (Kasatgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga.

Teknologi ini juga tengah diuji coba di negara-negara kawasan Eropa. Namun hal ini masih berupa konsep sehingga belum ada implementasinya.

“Penerapan teknologi jalan yang dapat mengisi ulang daya mobil listrik di tol IKN tersebut masih berupa konsep dan penerapannya dilakukan secara bertahap,” kata Danis dikutip Antara.

Teknologi ini memungkinkan pengguna mobil listrik menambah daya jangkau baterainya tanpa harus berhenti di SPKLU. terdapat lapisan tertentu di jalan tol yang memungkinkan transfer energi ke kendaraan listrik.

“Tadinya di tol di mana nantinya kita coba satu segmen. Jadi setelah dilakukan pengaspalan, nantinya ada pemasangan lapisan tertentu di jalan tol,” katanya.

Teknologi jalan yang bisa mengisi daya mobil listrik ini juga bisa dan akan diujicobakan di area parkir.

Sementara itu, Danis mengatakan, ada sejumlah ruas Tol IKN yang siap dijajal Agustus 2024. Ruas tersebut antara lain seksi 5A, 3A, dan 3B.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here