Home Ekonomi Selesai Pemilu 2024, Jokowi Bakal Groundbreaking Kantor Bank di IKN

Selesai Pemilu 2024, Jokowi Bakal Groundbreaking Kantor Bank di IKN

32
0
Presiden Joko Widodo silaturahmi dengan PNM

Presiden Joko Widodo dijadwalkan untuk meresmikan peletakan batu pertama atau groundbreaking di Ibu Kota Nusantara (IKN). Rencananya, groundbreaking akan dilakukan pada Kamis-Jumat atau 29 Februari hingga 1 Maret 2024.

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Agung Wicaksono mengatakan, groundbreaking tersebut merupakan yang pertama setelah adanya penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu) 2024.

“Ini merupakan groundbreaking kelima dan groundbreaking pertama setelah terlaksananya pemilu di Indonesia dan ini menunjukkan sebuah kontinuitas dari IKN,” ujar Agung dalam media briefing Update Persiapan Groundbreaking ke-5 Ibu Kota Nusantara secara daring, Selasa, 27 Februari.

Agung mengatakan, groundbreaking tahap kelima itu akan difokuskan untuk layanan perbankan di kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP). Selanjutnya proyek yang akan dimulai pembangunannya merupakan layanan perbankan di kawasan inti pusat pemerintahan.

Sebanyak empat bank akan hadir di kawasan tersebut yakni PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (Perseroda).

“Dan ini pusat layanan perbankan ini akan diawali penandatanganan PKS perjanjian kerja sama antara Otorita Ibu Kota Nusantara dengan Otoritas Jasa Keuangan,” katanya.

Selanjutnya akan dimulai juga pembangunan command center Nusantara, smart office Telkom Indonesia, mini studio Nusantara TVRI. Lalu, dimulai juga pembangunan kantor pelayanan BPJS Kesehatan.

Agung belum mengungkap nilai investasi pada proyek yang akan di-groundbreaking ini. Dia mengatakan, nilai investasi ini akan disampaikan saat pelaksanaanya.

“Kita akan dapatkan dan diumumkan di hari H pelaksanaanya, pak presiden tentunya akan menyampaikan,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here