Home Daerah Sampoerna Lanjutkan Program Pengembangan Teknologi Digital UMKM

Sampoerna Lanjutkan Program Pengembangan Teknologi Digital UMKM

39
0
Seremoni peluncuran program UMKM Untuk Indonesia oleh Sampoerna. (Foto: Sampoerna)

PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna), kembali meluncurkan program UMKM Untuk Indonesia (UUI) untuk Transformasi Digital 2024 secara serentak di Kota Bandung, Kota Cirebon, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Bogor.

Program pemberdayaan UMKM Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) di bawah payung Program Keberlanjutan Sampoerna Untuk Indonesia ini dilaksanakan bulan Februari-September 2024.

Program ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan teknologi digital para pelaku UMKM di Provinsi Jawa Barat dan DKI Jakarta sehingga mereka dapat meningkatkan daya saing.

Tahun lalu, program ini sudah berhasil memberi pelatihan dan membina 1.077 UMKM khususnya untuk adaptasi digital bagi pengembangan usaha. Program ini menargetkan sekitar 1.000 pelaku UMKM di kedua provinsi tersebut.

Selama mengikuti program ini, peserta akan menerima berbagai materi seperti pemasaran melalui platform digital hingga penerapan sistem pembayaran digital.

Program ini turut mendukung pencapaian pemerintah Indonesia dengan target 30 juta pelaku UMKM untuk go digital pada tahun ini.

Dalam pelaksanaan program UUI, SETC bersama mitra tanggung jawab sosial perusahaan Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia (INOTEK) menggandeng beberapa pemangku kepentingan strategis.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat Rachmat Taufik Garsadi mengatakan bahwa Pemprov Jabar memberikan apresiasi kepada Sampoerna dan Yayasan INOTEK atas penyelenggaraan acara pemberdayaan UMKM di wilayahnya.

Pasalnya, berdasarkan data BPS, Provinsi Jabar memiliki jumlah pelaku UMKM terbesar di Indonesia. Rachmat mengatakan, Pemprov Jabar berkomitmen untuk terus mendukung UMKM untuk transformasi digital.

Sejak didirikan pada 2007, SETC telah memberi pelatihan kepada lebih dari 70.000 pelaku UMKM di Indonesia, baik secara daring maupun luring.

Program ini merupakan salah satu dari berbagai pelatihan dan pendampingan UMKM yang telah dilaksanakan sebagai bagian dari kegiatan utama SETC selama 17 tahun terakhir bagi UMKM di berbagai wilayah di Indonesia.

Ishak Danuningrat, Kepala Urusan Eksternal Sampoerna, menyatakan bahwa Sampoerna berkomitmen untuk memperkuat perkembangan UMKM di Indonesia, termasuk dengan memanfaatkan teknologi digital. “Sampoerna secara konsisten mendukung kemajuan sektor UMKM sebagai salah satu motor utama ekonomi negara,” ujar Ishak, (22/2/2024).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here