Home Nasional Para Pemimpin Negara di Dunia yang Ucapkan Selamat ke Prabowo

Para Pemimpin Negara di Dunia yang Ucapkan Selamat ke Prabowo

20
0
Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak mengucapkan selamat kepada calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto karena unggul berdasarkan hasil hitung cepat alias quick count Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Ucapan selamat dari Rishi Sunak itu disampaikan melalui Duta Besar Inggris untuk Indonesia.

Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 telah dilaksanakan pada Rabu, 14 Februari 2024. Hasil hitung cepat atau quick count dari sejumlah lembaga survei dan real count (perhitungan asli) dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun telah diumumkan melalui situs resmi masing-masing. 

Hasilnya, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka menang telak versi quick count dengan perolehan suara sekitar 57-60 persen.

Prabowo unggul dari dua kandidat lainnya, yakni Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (24-26 persen) dan Ganjar Pranowo – Mahfud Md (16-17 persen).

Bahkan, berdasarkan real count dari situs KPU, Prabowo-Gibran memperoleh suara sebesar 57 persen per Jumat, 16 Februari 2024 pukul 16.30 WIB.

Kendati proses penghitungan suara pemilihan presiden (Pilpres) 2024 masih berlangsung, tetapi sejumlah pemimpin negara mengucapkan selamat kepada calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto.

Prabowo mengatakan, terdapat 5 pimpinan negara yang mengucapkan selamat kepadanya karena unggul dalam hasil penghitungan sementara Pilpres 2024.

Diantaranya adalah Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese, Wakil Perdana Menteri Australia Richard Marles, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim, dan Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe.

Sekretaris Perdana Menteri Singapura, Chang Li Lin mengatakan, selain mengucapkan selamat, Lee Hsien Loong juga membahas hubungan bilateral Singapura dan Indonesia dengan Prabowo.

β€œLee dan Prabowo membahas keadaan hubungan bilateral yang sangat baik,” kata Chang, dalam siaran pers tim Prabowo-Gibran yang mengutip Channel News Asia, Kamis (15/2/2024).

Lee juga disebut menghubungi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memberikan ucapan selamat atas pelaksanaan Pemilu 2024 yang berjalan lancar dan sukses di Indonesia.

Presiden Rusia Vladimir Putin pada Jumat (16/2/2024) menyampaikan ucapan selamat kepada pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang mengungguli perolehan suara dalam Pilpres 2024 berdasarkan penghitungan suara yang masih berlangsung.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterbitkan oleh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Rusia, Putin mengatakan, bahwa hubungan antara Rusia dan Indonesia selama ini didasari tradisi baik persahabatan dan saling menghargai, serta terus berkembang pesat di banyak bidang.

“Saya yakin bahwa sebagai kepala negara, Anda akan berperan semakin memajukan kerja sama antara Indonesia dan Rusia secara menyeluruh untuk kebaikan negara kita,” ucap Putin, Sabtu (17/2/2024).

Sementara itu, Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Amerika Serikat John Kirby mengatakan, mereka akan memberi ucapan selamat kepada Presiden Indonesia terpilih di waktu yang tepat.

Meskipun begitu, Kirby menyampaikan bahwa AS tetap menghormati proses pemilu dan suara rakyat Indonesia.

“Saya tidak bisa memberikan tanggal atau waktu yang pasti untuk itu (mengucapkan selamat kepada Prabowo) karena saya memahami bahwa hasil perhitungan suara masih berjalan,” ujarnya dikutip dari VOA, Kamis (15/2/2024).


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here