Home Bisnis Jokowi Siapkan RAPBN 2025 untuk Presiden Terpilih dalam Sidang Kabinet

Jokowi Siapkan RAPBN 2025 untuk Presiden Terpilih dalam Sidang Kabinet

19
0
Presiden Joko Widodo rapat kabinet di Istana Negara

Presiden Joko Widodo mengatakan, rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (RAPBN) 2025 harus dipersiapkan dengan mempertimbangkan hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Terkait hal tersebut disampaikan Kepala Negara saat memimpin sidang kabinet paripurna yang membahas persiapan Ramadhan 2024 dan rencana kerja pemerintah di Istana Negara pada Senin (26/2/2024).

“Terkait rencana kerja pemerintah (RKP) dan kebijakan fiskal tahun 2025. RKP dan kebijakan fiskal adalah jembatan untuk menjaga keseimbangan pembangunan dan mengakomodasi program-program Presiden terpilih hasil Pilpres 2024,” ujar Jokowi. Jokowi juga menambahkan, rapat ini juga sambil menunggu hasil perhitungan resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“RAPBN 2025 harus disiapkan dengan memperhatikan hasil pilpres karena yang menjalankan APBN 2025 adalah presiden terpilih,” jelas dia.

Sebelumnya Jokowi meminta agar jajarannya bisa menjaga persediaan stok dan stabilisasi harga kebutuhan pokok. Sejak awal tahun kenaikan harga kebutuhan pokok menjadi masalah.

Dirinya mengingatkan agar bantuan dan perlindungan sosial tetap dibagikan ke masyarakat dengan percepatan jelang bulan puasa.

“Saya minta utamanya menjaga persediaan pangan dan juga stabilitas harga pangan terutama bahan pokok. Dan juga percepatan pembagian seluruh paket perlindungan sosial dan jaringan sosial,” titah Jokowi.

Presiden juga meminta agar jajarannya melakukan pengecekan infrastruktur dan moda transportasi jelang musim mudik lebaran.

“Yang kedua cek betul persiapan infrastruktur dan moda transportasi yang akan digunakan mudik untuk masyarakat. Saya kira ini tiap tahun kita selalu siapkan karena ini adalah event tahunan,” kata Jokowi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here