Home Mancanegara Bertemu Grand Syaikh Al Azhar, Ma’ruf Amin: Indonesia Memiliki Visi Meningkatkan Jumlah...

Bertemu Grand Syaikh Al Azhar, Ma’ruf Amin: Indonesia Memiliki Visi Meningkatkan Jumlah Cendekiawan Moderat

48
0

Dalam kunjungan ke Persatuan Emirat Arab (PEA), Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin bertemu dengan Grand Syaikh Al Azhar Ahmad Al-Tayeb di Emirates Palace Hotel, Abu Dhabi, Senin (5/2/2024).

Pada pertemuan tersebut dibahas kerja sama di bidang pendidikan antara Indonesia dan Mesir, khususnya dengan Universitas Al Azhar yang dikenal memiliki paham moderat dalam sistem pengajarannya.

“Indonesia memiliki visi untuk meningkatkan jumlah cendekiawan yang moderat, di antaranya dari kalangan alumni dari Al Azhar,” tutur Ma’ruf Amin saat bertemu dengan Grand Syaikh Al Azhar, Ahmad Al-Tayeb.

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, melalui paham moderat yang didapat, diharapkan para cendekiawan tersebut dapat menularkan nilai-nilai persaudaraan dalam kehidupannya sehari-hari, dimanapun ia berada.

“Insya Allah, para cendekiawan ini akan menjadi panutan yang menyebarkan nilai-nilai kemanusiaan, persahabatan, dan perdamaian,” imbuh Wapres.

Untuk itu, Wapres pun mengapresiasi komitmen Universitas Al Azhar dalam menyuarakan nilai-nilai Islam Wasatiyyah melalui dunia pendidikan.

“Saya sangat mengapresiasi kerja sama pendidikan Indonesia dengan Al-Azhar guna lebih memperkuat solidaritas umat Islam melalui pendidikan. Terutama dalam menyebarkan nilai-nilai Islam Wasatiyyah,” ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, Wapres juga menyampaikan rasa prihatinnya atas kejadian yang menimpa saudara muslim di Gaza. “Saya sedih dunia tidak berdaya untuk memberhentikan kekejaman Israel di Gaza,” katanya.

Ma’ruf Amin menyerukan agar konflik Palestina dan Israel segera dihentikan. Seruan internasional untuk menghentikan genosida yang terjadi belum membuahkan hasil yang diharapkan.

Oleh karena itu, diperlukan solidaritas dari umat Islam di seluruh dunia untuk terus menyuarakan penyelesaian secara adil terhadap masalah ini.

“Dibutuhkan kesatuan suara dan tekad dunia Islam untuk menyelesaikan secara adil masalah Palestina,” lanjutnya.

Ma’ruf Amin juga menyampaikan, genosida yang terjadi harus segera dihentikan karena telah melanggar hukum, etika, dan norma. “Serangan ini jelas melanggar hukum internasional dan nilai-nilai kemanusiaan,” ujar Wapres.

Wapres berharap agar konflik di jalur Gaza yang saat ini tengah terjadi dapat terselesaikan secara adil. “Menyelesaikan secara adil masalah Palestina,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here