Home Ekonomi Bantuan Pangan Cuma Ada di RI, Jokowi: Negara Lain Nggak Ada

Bantuan Pangan Cuma Ada di RI, Jokowi: Negara Lain Nggak Ada

23
0
Presiden Joko Widodo bersama nasabah program Mekaar binaan PNM di Lapangan Lima Puluh, Sumut, Rabu, (7/2/2024)

Presiden Jokowi menyebut bantuan sosial (bansos) pangan berupa beras hanya ada di Indonesia. Dia mengatakan di negara lain tidak ada bantuan pangan beras layaknya yang diberikan oleh pemerintah Indonesia.

“Kalau di negara lain kan nggak ada bantuan pangan beras seperti yang kita miliki. Kita hitung-hitung, APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) kita (bisa),” tutur Jokowi dalam acara Pelaksanaan Penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah, Jumat (16/2/2024).

Menurutnya dunia kini tengah mengalami krisis pangan sehingga berdampak pada harga beras. Kepala Negara mengatakan pemerintah membantu dengan memberikan beras 10 kg ke warga penerima manfaat.

Ihwal itu disampaikan Jokowi saat bertemu warga di Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (16/2/2034). Jokowi meninjau Gudang Bulog dan sekaligus menemui warga untuk memastikan penerimaan bantuan beras tersebut.

“Bapak ibu sekalian jadi di seluruh dunia, saat ini sedang terjadi yang namanya krisis pangan. Jadi harga beras, yang namanya harga beras juga naik. Tetapi di negara kita, beras kita bantu dengan diberikan 10 kg, 10 kg, 10 kg,” kata Jokowi. Jokowi lalu bertanya kepada warga apakah bantuan 10 Kg beras mencukupi. Warga pun kompak berteriak tidak.

“10 Kg kalau satu bulan cukup ndak?” kata Jokowi.

“Ya kalau ditanya cukup nggak cukup, pasti jawabannya nggak cukup,” lanjut Jokowi.

Presiden mengatakan pemerintah hadir untuk memberikan bantuan di saat harga beras naik. Jokowi membandingkan dengan negara lain yang menurutnya tidak ada bantuan beras.

“Tetapi tetap ini kan membantu kita, iya kan. Itulah fungsinya negara, membantu kalau ada apa, kenaikan harga beras. Kalau di negara lain kan nggak ada bantuan pangan beras seperti yang kita miliki. Untung APBN kita mampu memberikan ya,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here