Home Nasional Temui Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Gerakan Nurani Bangsa Bawa Pesan Penting

Temui Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Gerakan Nurani Bangsa Bawa Pesan Penting

14
0

Menyikapi kondisi terakhir bangsa, Gerakan Nurani Bangsa yang digawangi para tokoh bangsa, seperti Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid dan Prof Quraish Shihab, menemui Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin di Istana Wakil Presiden, Jakarta.

Para tokoh Gerakan Nurani Bangsa yang hadir menemui Wapres antara lain Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, Prof Quraish Shihab, Habib Muhammad Hilal Al Aidid, H Lukman Hakim Saifuddin, Karlina Rohima Supelli, Makarim Wibisono, Kardinal Suharyo, Pendeta Gomar Gultom, dan Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid.

Salah satu hal yang dibicarakan adalah mengenai netralitas bagi penyelenggara negara pada pemilihan umum (pemilu) 2024.

Baca juga: Ini Beda Situasi Pemilu 2024 dengan Pemilu 2019 Versi Ketua KPU

“Kami telah mendiskusikan berbagai hal, termasuk transisi kepemimpinan pada tahun 2024, dan bagaimana menjaga agar seluruh penyelenggara negara tetap netral,” ujar Alissa Wahid dalam keterangan resminya, (11/1/2024).

Disampaikan Alissa, dalam pertemuan tersebut, Wapres Kiai Ma’ruf menekankan transisi kepemimpinan pada pemilu sebagai bentuk amanah. Wapres juga menyatakan kegembiraannya karena para tokoh bangsa masih berkomitmen untuk memikirkan dan ikut mengawal perjalanan bangsa.

Kiai Ma’ruf juga meminta Gerakan Nurani Bangsa untuk terus menyampaikan harapan-harapannya kepada seluruh penyelenggara negara dan pihak-pihak terkait, agar tetap setia pada perjalanan hidup yang panjang.

Baca juga: Menko Polhukam Mahfud MD Ajak Mahasiswa Jaga Indonesia untuk Indonesia Emas 2045

Putri sulung KH Abdurrahman Wahid ini menjelaskan, Gerakan Nurani Bangsa direncanakan tidak hanya berkunjung kepada Wapres KH Ma’ruf Amin saja, tetapi juga kepada Presiden Joko Widodo serta kepada para presiden dan wakil presiden pada periode-periode sebelumnya.

“Jadi, kami merencanakan untuk bertemu dengan KPU, Panglima TNI, Kapolri, dan juga dari yudikatif kami akan berkunjung ke Mahkamah Konstitusi. Itu untuk proses mengawal tadi yang akan kita laksanakan,” imbuhnya.

Gerakan Nurani Bangsa merupakan gerakan yang diprakarsai para tokoh bangsa dan agama yang diniatkan menjadi gerakan etis dan moral, terutama dalam menyuarakan nurani bangsa agar setiap pihak selalu ingat dengan cita-cita, tujuan luhur, dan tanggung jawab berbangsa dan bernegara.

Baca juga: 100 Tahun Koentjaraningrat, Bapak Antropologi Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here