Home Nasional Siap-siap Tarif Tol 2024 Bakal Naik!

Siap-siap Tarif Tol 2024 Bakal Naik!

53
0

Pemerintah bakal segera melakukan penyesuaian tarif tol sebagai upaya untuk menjaga keseimbangan antara pembiayaan operasional, pemeliharaan kualitas jalan tol, dan keberlanjutan investasi di sektor transportasi.

Dengan demikian, penyesuaian tarif jalan tol tidak hanya memastikan kenyamanan dan keamanan pengguna jalan, tetapi juga berperan dalam mendukung pembangunan berkelanjutan dan pertumbuhan ekonomi.

Pengamat kebijakan publik, Agus Pambagio menyampaikan bahwa penyesuaian tarif ini memang sudah seharusnya dilakukan setiap 2 (dua) tahun sekali berdasarkan pasal 48 ayat(3) dan (4) Undang-Undang (UU) No 2/2022 tentang Perubahan Kedua atas UU No 38/2004 tentang Jalan.

Baca juga: TNI AU Dirikan Monumen Hawk 200 di Pintu Gerbang Tol Dumpil Madiun

Penyesuaian tarif tol ini belum ditentukan pelaksanaannya, namun dipastikan ruas tol yang dikelola Hutama Karya yang akan mengalami penyesuaian tarif.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan bahwa sesuai regulasi, terdapat 4 (empat) ruas tol kelolaan Hutama Karya yang rencananya akan mengalami penyesuaian tarif di tahun 2024.

Diantaranya yaitu Tol Terbanggi Besar –Pematang Panggang – Kayu Agung, Tol Palembang – Indralaya, Tol Pekanbaru – Dumai, dan Tol Sigli – Banda Aceh.

“Secara kualitas, ruas-ruas tersebut sudah memenuhi syarat untuk dilakukan penyesuaian tarif dan diharapkan dapat mendapatkan perizinan,” ungkap Tjahjo.

“Mengingat penyesuaian tarif itu cukup krusial untuk menjaga kelangsungan jalan tol dan menciptakan iklim investasi jalan tol yang kondusif,” tambahnya.

Baca juga: Jasa Marga Laporkan 3,47 Juta Kendaraan Melintas di Jalan Tol Selama Semester I 2023

Lebih lanjut, Tjahjo menyampaikan Hutama Karya berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan dan memastikan pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di jalan tol yangdikelola.

“Sebelum jalan tol diizinkan untuk dilakukan penyesuaian tarif, dilakukan penilaian dan pengujian terlebih dahulu,” ungkapnya.

“Pada saat pelaksanaannya juga masih harus melihat kondisi dan situasi terkini, jika ada special case seperti sebelumnya ada pandemi, penyesuaian tarif juga harus ditunda terlebih dahulu,” pungkas Tjahjo.

Beberapa ruas-ruas baru yang dioperasikan tahun 2023 lalu oleh Hutama Karya, seperti Tol Sigli – Banda Aceh Seksi 5 & 6 (Blang Bintang – Baitussalam), Tol Binjai– Langsa Seksi 2 (Stabat – Kuala Bingai), Tol Indralaya – Prabumulih, dan Tol Indrapura –Lima Puluh juga masih dioperasikan tanpa tarif.

Ruas yang paling lama beroperasi tanpa tarif saat ini yaitu Tol Sibanceh Seksi 5 & 6 sejak bulan Juni 2023 atau telah lebih dari 7 bulan dioperasikan tanpa tarif.

“Semoga SK Penetapan Golongan Tarif Kendaraan dapat segera dikeluarkan dan tarifnya dapat segera berlaku,” ujar Tjahjo Purnomo.

Baca juga: Resmikan Tol Cisumdawu, Jokowi Berharap Bisa Menghidupkan Bandara Kertajati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here