Home Daerah Pengamat UB: Debat Ketiga Pilpres Bisa Pengaruhi Suara “Swing Voters” dan “Undecided...

Pengamat UB: Debat Ketiga Pilpres Bisa Pengaruhi Suara “Swing Voters” dan “Undecided Voters”

29
0

Pengamat komunikasi politik Universitas Brawijaya Anang Sujoko menilai, pelaksanaan debat ketiga Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 memiliki potensi untuk mempengaruhi keputusan swing voters atau pemilih rasional yang bisa berubah pilihan sesuai ide atau gagasan para kandidat.

“Jadi masih memungkinkan untuk menjadi peluang atau menjadi potensi untuk mempengaruhi swing voters dan undecided voters,” kata Anang di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (3/1/2024).

Pada debat ketiga Calon Presiden (Capres) yang akan berlangsung nanti pada 7 Januari 2024 berpotensi mempengaruhi keputusan swing voters atau pemilih rasional yang bisa berubah sesuai gagasan para kandidat.

Debat juga dapat mempengaruhi suara undecided voters atau pemilih yang belum menentukan pilihan.

Menurutnya, para swing voters atau undecided voters tersebut kebanyakan merupakan generasi Z dan milenial.

“Mereka saat ini cenderung menyukai media sosial seperti TikTok, Instagram dan X yang menampilkan cuplikan atau potongan perdebatan,” kata dia.

Ha tersebut bisa menjadi senjata bagi tim sukses pasangan calon untuk menarik suara mereka.

“Konten dari perdebatan itu yang nanti akan menjadi senjata bagi tim sukses masing-masing loyalis atau pendukung masing-masing capres untuk menggaet swing voters,” katanya.

Sementara debat ketiga yang mengusung tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik, akan memberikan ruang terbuka bagi para ketiga kandidat untuk menyampaikan isu-isu strategis.

“Itu memang bidang dari capres nomor urut 2, tapi bagaimana penjelasan-penjelasan logisnya itu nanti akan terstruktur dengan baik, itu masih bisa dikalahkan oleh capres nomor urut 1 dan nomor urut 3,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here