Home Olahraga Mandalika Racing Series 2024 Digelar 5 Seri, Menpora Nyatakan Dukungannya

Mandalika Racing Series 2024 Digelar 5 Seri, Menpora Nyatakan Dukungannya

48
0

Demi menghasilkan pembalap berkualitas dunia, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku pengelola sirkuit internasional Pertamina Mandalika akan kembali menggelar Mandalika Racing Series.

“Kami di awal 2023 berkeinginan menciptakan bibit-bibit pembalap nasional. Kemudian dengan bekerja sama IMI (Ikatan Motor Indonesia, Red) menggelar Mandalika Racing Series yang sudah berjalan tiga putaran di 2023,” terang Direktur Utama MGPA Nusantara Jaya, Priandhi Satria.

Program ini, sambung Priandhi, akan segera dilanjutkan di 2024 dengan rencana lima kali series. Dalam pelaksanaannya nanti direncanakan bekerja sama dengan VR46 Racing Team besutan legenda Moto GP Valentino Rossi.

Baca juga: Porsche akan Gelar Balap One Make Series 911 GT3 Cup di Mandalika

“Kami berkeinginan melanjutkan Mandalika Racing Series untuk mencari bibit-bibit untuk ikut serta dalam kejuaraan asia maupun dunia,” sebutnya.

Sehingga harapannya melalui pembibitan pembalap ini, ke depan Indonesia bukan hanya menjadi tempat penyelenggaraan MotoGP. Melainkan juga bisa mengikutsertakan pembalapnya untuk ikut berpartisipasi dalam balapan kasta tertinggi di dunia tersebut.

Sementara itu Dirut ITDC Ari Respati menyatakan pihaknya mengharapkan dukungan dari Kemenpora dalam mendorong lahirnya local hero pembalap nasional.

Salah satunya melakukan ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) yang akan kembali digelar di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika.

Baca juga: Kompetisi Shell Eco Marathon di Sirkuit Mandalika, Adu Pintar Bikin Mobil Hemat Energi ala Mahasiswa

“ARRC ini memang menjadi salah satu fokus kami. Banyak pembalap kita yang sudah berprestasi naik podium dalam seri-serinya,” kata Ari.

Seusai pemaparan, Menpora Dito Ariotedjo menyambut baik rencana MGPA Nusantara Jaya untuk penyelenggaraan event di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika. Khususnya terkait program pembinaan pembalap nasional yang sedang dikembangkan.

Kemenpora siap berkolaborasi, dengan kerja samanya bisa melalui Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK). “Boleh saja kalau nanti menggelar Menpora Cup di sana,” tutur Menpora Dito saat ditanya kesediaan namanya digunakan untuk Mandalika Racing Series.

Dalam kesempatan Dirut ITDC menyerahkan kartu identitas khusus MotoGP kepada Menpora Dito. ID Card tersebut bisa digunakan untuk mengakses semua sirkuit MotoGP di seluruh dunia.

Baca juga: Group Ride GNFY Bali Jajal Tanjakan dan Turunan Yogyakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here