Home Nasional LSI Denny JA: Prabowo-Gibran Unggul di Seluruh Segmen Lapisan Masyarakat

LSI Denny JA: Prabowo-Gibran Unggul di Seluruh Segmen Lapisan Masyarakat

25
0

Lembaga Survei Indonesia (LSI) pimpinan Denny Jauar Ali atau Denny JA menyatakan pasangan Prabowo-Gibran unggul jauh dalam survei terbaru mereka soal Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Pasangan nomor urut dua itu unggul dari dua kompetitornya, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Peneliti LSI Denny JA, Adjie Al Farabi, menyatakan pasangan Prabowo Subianto -Gibran Rakabuming Raka memperoleh elektabilitas sebesar 52,0 persen. Posisi kedua ditempati pasangan Ganjar-Mahfud dengan elektabilitas sebesar 28,6 persen dan Anies-Muhaimin di angka 20,3 persen.

Peneliti Senior LSI Denny JA Adjie Al Faraby mengatakan basis populasi pemilih di Indonesia didominasi wong cilik dengan angka 48,3 persen. Pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dari dua kandidat lain Pilpres 2024 di segmen orang kecil atau wong cilik dengan elektabilitas 52,0 persen.

Wong cilik itu merupakan mereka mereka dengan pendapatan rumah tangga di bawah Rp2 juta per bulan.

“Di populasi ini memang populasi dukungan Prabowo-Gibran paling tinggi. Kalau dari ketiga segmen ekonomi ini pasangan Prabowo-Gibran memang paling kuat di segmen pemilih wong cilik di angka 52,0 persen dibanding segmen pemilih yang lain,” ujar Adjie dalam konferensi pers di Jakarta Timur, Selasa (30/1).

Sementara posisi kedua dalam hasil survei LSI Denny JA itu ditempati paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan 20,8 persen dan disusul pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin sebesar 18 persen. Kemudian yang belum menentukan pilihan di segmen wong cilik ada 8 persen.

Selain itu, LSI Denny JA mencatat Prabowo-Gibran unggul di segmen kelas ekonomi menengah dengan angka 49,9 persen. Diikuti Anies-Cak Imin 23,7 persen dan Ganjar-Mahfud 20,1 persen.

Keunggulan Prabowo-Gibran juga tercatat di segmen pemilih kelas ekonomi atas dengan angka 48,4 persen.

“Namun keunggulan ini tidak setelak dua segmen yang lain karena di sini kita lihat Anies-Cak Imin memperoleh dukungan 30,3 persen dan Ganjar-Mahfud 15,9 persen,” katanya.

Survei LSI Denny JA dilaksanakan pada 16-26 Januari 2024. Jumlah sampel sebesar 1.200 responden, diperoleh melalui teknik pengumpulan data wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Survei ini memiliki margin of error +/- 2,9 persen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here