Home Mancanegara Jokowi Sambut Hangat Rencana Investasi Mobil Listrik Vietnam VinFast di Indonesia

Jokowi Sambut Hangat Rencana Investasi Mobil Listrik Vietnam VinFast di Indonesia

41
0

Dalam kunjungan kenegaraannya di Vietnam, Presiden Joko Widodo menyambut baik rencana investasi produsen otomotif asal Vietnam, VinFast, di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Jokowi saat bertemu dengan Chairman VinFast Pham Nat Vuong di Kantor VinFast di Kota Hai Phong, Vietnam, Sabtu (13/1/2024).

“Kami mendukung penuh rencana investasi VinFast di Indonesia. Nanti kalau ada hal-hal yang berkaitan dengan izin bisa ke menteri saya,” ucap Presiden.

Setelah bertemu Chairman VinFast, Jokowi juga berkesempatan untuk mengunjungi langsung pabrik mobil listrik VinFast. Dalam keterangannya usai peninjauan, dirinya menilai VinFast sebagai salah satu perusahaan otomotif yang berkembang pesat.

Baca juga: Soal Kendaraan Listrik, Pemerintah Harus Satset Bangun Infrastruktur SPKLU

Jokowi berharap kehadiran VinFast di Indonesia akan membuat ekosistem kendaraan listrik di Indonesia lebih berkembang dan nantinya bisa disambungkan dengan industri baterai listrik.

“Sehingga kita harapkan–apa yang sering saya sampaikan–ekosistem besarnya ini akan segera terbangun, dan Chairman dari VinFast menyampaikan akan segera memulai konstruksinya secepatnya,” jelasnya.

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi melihat berbagai proses perakitan mobil listrik, antara lain pemasangan baterai mobil listrik. Jokowi juga sempat mencoba sensasi duduk di balik kemudi mobil listrik VinFast.

Sehari sebelumnya, kedatangan Jokowi disambut hangat Presiden Vietnam Vo Van Thuong di Istana Kepresidenan, Hanoi, Vietnam, Jumat, (12/1/2024). Kedua kepala negara mengadakan pertemuan bilateral.

Baca juga: Terbesar, PLTS Terapung Cirata Berkapasitas 192 MWp Dukung Kebutuhan Industri Energi Hijau

Jokowi menyampaikan pada pertemuan tersebut Indonesia dan Vietnam menyepakati sejumlah kerja sama, salah satunya peningkatan target perdagangan baru.

Pada bidang investasi, Jokowi menyambut baik peningkatan investasi antara kedua negara, perusahaan besar, dan unicorn Indonesia yang telah berinvestasi di Vietnam secara signifikan.

Indonesia dan Vietnam juga telah menyepakati penguatan kerja sama ketahanan pangan antara kedua negara, baik dalam bidang pertanian maupun perikanan.

Selain itu, Presiden Jokowi menyambut baik kerja sama teknologi, informasi, dan komunikasi untuk mendorong kemajuan industri digital kedua negara, termasuk kerja sama di bidang ekosistem mobil listrik dan baterai, serta transisi energi.

Indonesia dan Vietnam juga berkomitmen untuk terus menjaga stabilitas dan pertumbuhan ekonomi kawasan.

Baca juga: Stasiun Pengisian Daya Listrik Tercepat Pertama di Indonesia Mulai Beroperasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here