Home Politik Jawa Jadi Medan Pertempuran Kampanye Akbar Pilpres 2024

Jawa Jadi Medan Pertempuran Kampanye Akbar Pilpres 2024

31
0

Pulau Jawa menjadi medan pertempuran paling sengit antara kandidat calon presiden (capres) dan partai politik. Mereka semua mengharapkan suara optimal di wilayah padat penduduk ini.

Data terakhir Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa jumlah penduduk Indonesia yang tinggal di Pulau Jawa mencapai 154,28 juta atau sekitar 56 persen dari total populasi tahun 2022 sebanyak 275,7 juta.

Sedangkan dari jumlah populasi tersebut, Komisi Pemilihan Umum atau KPU telah menetapkan sebanyak 204,8 juta daftar pemilih tetap (DPT), dengan jumlah 56,3 persen atau 115,37 adalah pemilih yang tinggal di Pulau Jawa.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan pembagian wilayah kampanye akbar atau kerap disebut kampanya rapat umum Pemilu 2024 ke dalam tiga zona.

Kampanye akbar tahun ini berbeda dari pemilu sebelumnya hanya terbagi menjadi dua zona.

Oleh karenanya Pulau Jawa masih menjadi perhatian utama parpol pengusung capres dan cawapres dengan wilayah pemilih besar.

Kampanye melalui metode rapat umum berlangsung selama 21 hari sejak Minggu (21/1/2024) dan akan berakhir pada Sabtu (10/2/2024).

Kesempatan hari pertama kampanye rapat umum, capres nomor urut 1 Anies Baswedan memulai kampanye di Provinsi Banten.

Anies didampingi mantan Gubernur Banten Wahidin Halim.

Wahidin juga merupakan calon anggota legislatif (caleg) DPR daerah pemilihan Banten 3 yang meliputi Kota dan Kabupaten Tangerang, serta Kota Tangerang Selatan.

Kemudian Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto melangsungkan kampanye akbar di Lapangan Jatipamor, Majalengka, Jawa Barat.

Acara kampanye Prabowo di Majalengka diorganisasi oleh kelompok relawan Sahabat Bang Ara (Maruarar Sirait).

Sementara itu capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo berkampanye di Kota Kembang dan Sidoarjo.

Ganjar menghadiri acara “Hajatan Rakyat” yang merupakan akronim dari Harapan Jutaan Rakyat di Kota Bandung, Jawa Barat.

Eks gubernur Jawa Tengah itu hadir ke acara bersama sang istri Siti Atikoh, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, dan sejumlah tokoh parpol koalisi.

Zona B di antaranya wilayah Sumatera Utara, Jambi, Lampung, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Maluku Utara, Papua Selatan, dan Papua Barat Daya.

Sementara Zona C terdiri dari Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kep Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawa Timur, NTB, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Papua, dan Papua Tengah.

Penentuan provinsi ke dalam zona mempertimbangakn Keputusan Dalam Negeri 050-145 tahun 2022 dan Nomor 100.1.1-6117 tahun 2022 tentang pemberian dan pemutakhiran kode, data wilayah administrasi pemerintahan dan pulau.

Ketiga pasangan calon dibagi per harinya di masing-masing zona sehingga tidak ada jadwal dan lokasi yang sama selama 18 hari kampanye rapat umun.

Masa kampanye rapat umum pada tiga hari terakhir yaitu 8, 9, 10 Februari 2024, tim kampanye paslon telah menyepakati pembagian jadwal kampanye rapat umum.

Pada 8 Februari, paslon 1 dijadwalkan kampanye di Jawa Barat, paslon 2 di Jawa Tengah, paslon 3 di Jawa Timur.

Kemudian pada 9 Februari, paslon 1 kampanye di Jawa Timur (Sidoarjo), paslon 2 Jawa Timur (Surabaya), paslon 3 di DKI Jakarta.

Di hari terakhir masa kampanye akbar, capres 01 Anies Baswedan akan berkampanye di Jakarta International Stadium (JIS) dan capres 02 Prabowo Subianto akan berkampanye di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan.

Adapun capres 03 Ganjar Prabowo menutup kampanyenya di Jawa Tengah.

Sementara wilayah Jawa Barat masuk dalam zona C untuk pasangan calon nomor urut 03 Ganjar-Mahfud

Kampanye akbar, jelas Hasyim dapat dihadiri siapapun tanpa terkecuali.

Kampanye yang dijadwalkan berlangsung sejak 21 Januari hingga 10 Februari mendatang ini berbeda dengan kampanye-kampanye sebelumnya yang bersifat internal dan terbatas.

”Jadi kalau kampanye dengan metode rapat umum itu tanpa undangan spesifik, siapapun boleh hadir,” jelasnya.

”Namun demikian, kalau yang kampanye dengan metode pertemuan terbatas, itukan ada batas jumlah orang yang ikut, tetapi juga orang yang hadir itu adalah orang-orang tertentu yang diundang,” tukas Hasyim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here