Home Nasional TPN: Dana Awal Kampanye Ganjar-Mahfud Rp23,3 Miliar Hasil Gotong Royong

TPN: Dana Awal Kampanye Ganjar-Mahfud Rp23,3 Miliar Hasil Gotong Royong

38
0

Yang namanya pesta demokrasi sudah tentu bakal mengeluarkan dana yang sangat besar. Tidak hanya bagi pemerintah, tapi juga bagi para kontestan Pilpres 2024 yang akan bertarung pada tanggal 14 Februari 2024.

Berdasarkan laporan dana kampanye tiga pasangan capres-cawapres peserta Pemilu 2024 yang diakses pada laman KPU, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud mencatatkan dana awal kampanye sebesar Rp23.375.920.999.

Besaran dana awal kampanye pasangan capres-cawapres yang diusung oleh PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Perindo itu berada di urutan kedua terbanyak.

Pada urutan pertama berasal dari pasangan Prabowo-Gibran yang tercatat Rp31,4 miliar. Sedangkan pasangan Anies-Muhaimin sebesar Rp1 miliar.

Dana awal kampanye Ganjar-Mahfud senilai Rp23,3 miliar tersebut berasal dari berbagai sumber. Sumbangan paling besar berupa uang dari perusahaan dan/atau badan usaha nonpemerintah senilai Rp20,3 miliar.

Lalu, ada sumbangan dari partai politik (parpol) atau gabungan partai politik pengusungnya senilai Rp2,9 miliar. Ganjar-Mahfud sendiri juga menyumbang dana awal kampanye sebesar Rp100 juta. Ada pula sumbangan pihak lain secara perseorangan senilai Rp1,6 juta.

Menanggapi soal dana awal kampanye, Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid menyebut bahwa dana awal kampanye pasangan calon nomor urut 3 berasal dari gotong royong sejumlah pihak.

“Ini baru awal. Dan makanya yang kita lakukan adalah kebersamaan. Makanya kita lakukan adalah dengan gotong royong bersama,” kata Arsjad dilansir Kompas, (20/12/2023).

Arsjad lantas menekankan bahwa Ganjar-Mahfud selalu mengingatkan pentingnya kebersamaan. Sejak awal, menurutnya, dana kampanye ini juga bukan untuk kepentingan Ganjar-Mahfud semata.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia nonaktif ini juga ditanya soal dana awal yang diberikan oleh Ganjar-Mahfud untuk kampanye paling sedikit dibandingkan pasangan calon lain.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Ganjar-Mahfud menyumbang Rp 100 juta untuk dana awal kampanye.

Arsjad mengatakan, tak masalah dengan besaran uang yang diberikan Ganjar-Mahfud itu. “Enggak kenapa-kenapa. Ini kan baru awal. Jadi nanti kita lihat ke depannya,” katanya.

Arsjad menjelaskan bahwa dana kampanye akan terus berkembang setiap waktu. Hal itu pun juga terus diumumkan oleh KPU RI selaku pihak yang mempublikasikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here