Home Nasional Tingkatkan Produksi Pangan Jokowi Tambah Subsidi Pupuk untuk Petani

Tingkatkan Produksi Pangan Jokowi Tambah Subsidi Pupuk untuk Petani

25
0

Untuk mendorong peningkatan produksi pangan, Presiden Joko Widodo akan menambah subsidi pupuk untuk para petani. Pemerintah akan terus melakukan pengawasan secara berkala untuk mencegah terjadinya permasalahan yang saat ini dikeluhkan oleh para petani.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi pada acara Pembinaan Petani, Penyuluh Pertanian, dan Babinsa se-Provinsi Jawa Tengah, di Alun-alun Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah, (13/12/2023).

Adapun terkait dengan angka subsidi pupuk, Jokowi menyampaikan bahwa pemerintah masih akan menghitung angka tersebut terlebih dahulu, dan meminta Menteri Keuangan untuk menghitung kekurangan anggarannya.

Jokowi menyebutkan bahwa dirinya memahami segala keluhan petani terkait permasalahan pupuk. Permasalahan pupuk akan menjadi fokus penyelesaian oleh pemerintah.

“Urusan pupuk akan menjadi fokus Menteri Pertanian dan akan kita selesaikan,” ujar Jokowi.

Jokowi pun telah menyetujui prosedur pembelian pupuk subsidi agar lebih mudah diakses. Menurutnya, pembelian pupuk subsidi tidak hanya dapat menggunakan Kartu Tani, tetapi juga dengan menggunakan KTP.

“Saya sudah menyetujui, untuk pembelian pupuk asal di KTP-nya itu ada tulisan petani, silakan itu dipakai. Jadi bisa pakai Kartu Tani, bisa memakai juga KTP. Tapi jangan sampai KTP-nya nanti di sini tertulis pengusaha, beli pupuk,” tuturnya.

“Kita semuanya bertekad agar produktivitas gabah, padi, dan beras di Jawa Tengah tahun depan sudah meningkat dan surplus sehingga seluruh petani sejahtera,” ucap Jokowi.

Turut mendampingi Presiden yakni Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Pj. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, dan Bupati Pekalongan Fadia Arafiq.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here