Home Mancanegara Sri Mulyani dan Nicke Widyawati Masuk Daftar 100 Wanita Berpengaruh Dunia

Sri Mulyani dan Nicke Widyawati Masuk Daftar 100 Wanita Berpengaruh Dunia

73
0

Dua srikandi Indonesia masuk dalam daftar 100 wanita berpengaruh dunia (The World’s 100 Most Powerful Women) tahun 2023 yang dirilis Forbes.

Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati masuk dalam daftar tersebut. Sri Mulyani berada di peringkat ke-47 sedangkan Nicke berada di peringkat ke-51.

Adapun posisi teratas dipegang oleh Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen disusul Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde, Wakil Presiden AS Kamala Harris dan Penyanyi-penulis lagu Amerika, Taylor Swift.

Nicke sebelumnya juga telah masuk dalam daftar wanita berpengaruh dunia dari Fortune dan Forbes tiga tahun berturut-turut, yakni pada 2020, 2021 dan 2022.

Seperti tahun sebelumnya, Forbes menjelaskan bahwa daftar wanita berpengaruh ditentukan dengan empat metrik utama, yaitu pendapatan, media, dampak, dan lingkup pengaruh.

“Untuk para pemimpin politik, kami menimbang produk domestik bruto dan populasi, untuk pemimpin perusahaan, pendapatan dan jumlah karyawan; dan media menyebutkan dan menjangkau semua,” tulis Forbes.

Forbes mencatat, Sri Mulyani kembali menjabat Menteri Keuangan Indonesia setelah menjabat sebagai Managing Director dan COO Bank Dunia.

“Sebagai Menteri Keuangan, ia meningkatkan pendapatan negara melalui reformasi perpajakan yang akan memperluas layanan e-filing dan meningkatkan kepatuhan wajib pajak,” tulis Forbes dalam laman resminya, (7/12/2023).

Salah satu poin lain yang disoroti Forbes dari Sri Mulyani adalah prestasinya mendapatkan penghargaan Menteri Terbaik di KTT Pemerintah Dunia pada tahun lalu.

Sementara untuk Nicke Widyawati, Forbes menulis, Nicke adalah direktur wanita kedua di perusahaan importir gas terbesar di Asia yaitu Pertamina.

Saat Indonesia menjadi presiden G20 pada tahun 2022, Nicke sukses mengemban amanah sebagai Ketua Gugus Tugas atau Chair Task Force Energy, Sustainability and Climate.

Nicke berhasil membawa tiga rekomendasi utama yakni Percepatan Transisi untuk Energi Berkelanjutan, Memastikan Transisi yang Tepat dan Berkeadilan dan Keterjangkauan Energi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here