Home Nasional Rajin Gelar Dialog Lintas Agama, Kementerian Luar Negeri RI Raih Penghargaan

Rajin Gelar Dialog Lintas Agama, Kementerian Luar Negeri RI Raih Penghargaan

14
0

Setiap tahunnya, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) melaksanakan Dialog Lintas Agama (DLA) dengan 3 hingga 4 negara mitra dialog. Sepanjang tahun 2023 telah terselenggara kegiatan DLA dengan Belanda dan Pakistan.

Rencananya tahun 2024 mendatang, Indonesia akan melaksanakan DLA dengan sejumlah negara mitra diantaranya Australia, Austria dan Italia. Hingga 2023 Kemlu RI telah bermitra dengan 34 negara dalam penyelenggaraan DLA.

Selain itu, di forum multilateral Indonesia kerap kali terlibat dalam berbagai ajang dialog lintas agama dan budaya, seperti Asia Pacific Interfaith Dialogue, ASEM Interfaith Dialogue, MIKTA Interfaith Dialogue, dan juga di R-20 (side event G-20).

Baca juga: Bahasa Indonesia Jadi Bahasa Resmi Sidang Umum UNESCO

Kegiatan DLA tersebut mendapatkan apresiasi sekaligus penghargaan sebagai Kementerian yang paling aktif mempromosikan moderasi beragama melalui berbagai program diplomasi publik.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Kementerian Agama RI karena dinilai telah sangat aktif mempromosikan moderasi beragama melalui kegiatan dialog lintas agama dalam kerangka diplomasi publik sejak 2004.

Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik, Siti Nugraha Mauludiah, mewakili Menteri Luar Negeri RI terima penghargaan tersebut di Bandung, (20/12/2023).

Dirjen Siti Nugraha Mauludiah menyampaikan bahwa penghargaan ini menjadi pendorong Kemlu untuk lebih aktif lagi dalam menjalankan diplomasi Indonesia melalui program DLA.

Baca juga: Presiden Palestina Mahmoud Abbas Sangat Hargai Dukungan Indonesia untuk Palestina

“Ke depan, kita akan berupaya untuk menjadikan Dialog Lintas Agama yang beyond conference. Tidak sekedar dialog, DLA harus memberikan hasil nyata dan dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat”, ujarnya.

Penghargaan tersebut diterima Kemlu pada malam pagelaran budaya dan penganugerahan Moderasi Beragama Awards 2023, sebagai bagian rangkaian Konferensi ke-1 Moderasi Beragama Asia-Afrika dan Amerika Latin.

Konferensi tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI bekerja sama dengan PBNU di dua tempat ikonik dan bersejarah, yaitu Gedung Merdeka (Gedung penyelenggaran Konferensi Asia-Afrika 1955) dan Hotel Savoy Homann, Bandung, pada 20-22 Desember 2023.

Baca juga: Tegas, Pidato Menlu Retno Marsudi di Sidang Majelis Umum PBB Kutuk Serangan Israel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here