Home Nasional Libur Natal dan Tahun Baru, BPBD dan BNPB Bersiaga di Posko Siaga...

Libur Natal dan Tahun Baru, BPBD dan BNPB Bersiaga di Posko Siaga Bencana

36
0

Musim libur natal dan tahun baru (Nataru) 2024 tidak membuat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menjadi lengah.

Potensi pergerakan masyarakat untuk menikmati waktu liburnya dari wilayah yang aman menuju lokasi wisata yang rawan bencana, membuat BNPB dan BPBD bersiaga di Posko Siaga Darurat Bencana di di beberapa wilayah yang memiliki tingkat kerawanan bencana.

Salah satunya yaitu tempat peristirahatan di sepanjang jalur tol Jakarta menuju Jawa Timur.

BPBD Kabupaten Semarang mendirikan Posko Siaga Bencana di Rest Area KM 429 A Jalan Tol Semarang menuju Bawen, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Baca juga: Kapolri Siapkan Langkah Antisipasi Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2024

Para personel BPBD bersama tim gabungan bersiaga selama 24 jam dan rajin memberikan informasi dan imbauan kepada pengunjung rest area sejak hari Sabtu (23/12/2023) hingga Senin (25/12/2023) demi keamanan dan kenyamanan pengguna jalan.

BPBD setempat menyiapkan satu unit mobil tangki air guna mengantisipasi adanya kebutuhan air bersih dan juga keperluan darurat lainya.

Selain itu BPBD juga menyiapkan satu unit gergaji mesin sebagai antisipasi adanya pohon tumbang mengingat potensi angin kencang dan hujan yang dapat menyebabkan robohnya pohon di sekitar lokasi, serta satu unit mobil rescue.

Sedangkan BPBD Kabupaten Ngawi turut mendirikan Posko Siaga Bencana di Rest Area KM 575 A Jalan Tol Solo menuju Ngawi pada Sabtu (23/12/2023) hingga Senin (25/12/2023).

BPBD Kabupaten Ngawi juga menyiapkan tiga unit motor trail yang dapat dengan cepat mengakses ke lokasi jika ditemukan adanya kejadian kedaruratan.

Baca juga: BNPB Siapkan Antisipasi Hadapi Bencana Akhir Tahun

BPBD beserta tim gabungan rutin memberikan edukasi dan menyediakan minuman ringan bagi masyarakat yang hendak beristirahat di posko tersebut. Satu unit mobil rescue ditempatkan di lokasi untuk mengantisipasi kondisi kedaruratan.

Berdasarkan pantauan Pusat Pengendalian dan Operasi BNPB dari 12 posko siaga bencana yang diaktifkan di wilayah Jateng bersama BPBD, hingga Senin (25/12/2023) malam, kondisi lalu lintas dan kebencanaan sebagian besar masih cenderung ramai lancar dan terkendali.

Sedangkan, untuk kondisi cuaca tampak lebih dinamis mulai dari cerah, cerah berawan, sampai hujan ringan.

Sebelumnya diinformasikan, memasuki periode libur Natal 2023 dan tahun baru 2024, BNPB bersama BPBD mengaktivasi posko terpadu libur Nataru di wilayah Pulau Jawa, Bali, dan Lampung sejak 22 Desember hingga 31 Desember 2023.

Pembukaan posko tersebut merupakan arahan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, S.Sos., M.M., guna bersiaga dan melakukan pemantauan potensi bencana khususnya dalam mengantisipasi bencana hidrometeorologi basah di pusat keramaian meliputi objek wisata sungai, objek wisata pantai, dan objek wisata pengunungan.

Baca juga: Dengar Curhatan Nelayan, Ganjar Bilang Ada Bajak Laut yang Suka Memalak Nelayan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here