Home Nasional Jokowi Akui Merasa Nyaman dengan Golkar, Usai Pakai Dasi Kuning

Jokowi Akui Merasa Nyaman dengan Golkar, Usai Pakai Dasi Kuning

254
0

Presiden Joko Widodo mengaku nyaman bersama Partai Golkar. Hal ini ditunjukkan dengan mengenakan dasi kuning saat hendak bertolak ke Jepang dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (16/12/2023) pagi.

Hal tersebut dikatakannya, usai menjawab pertanyaan terkait hubungannya dengan Partai Golkar. Ia mengaku merasa nyaman dengan hubungan yang terjalin dengan “Partai Beringin” itu.

Jokowi menyampaikannya saat sesi tanya jawab dengan wartawan usai meresmikan Jembatan Otista di Kota Bogor, Jawa Barat, pada Selasa (19/12/2023).

Mula-mula awak media meminta tanggapan soal pernyataan pihak Partai Golkar yang menyebut Presiden merasa nyaman dengan parpol berlambang pohon beringin itu.

Pernyataan itu disampaikan Golkar usai Presiden Jokowi memakai dasi kuning saat berangkat ke Jepang dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada Sabtu (16/12/2023).

Mendengar pertanyaan jurnalis, Jokowi tersenyum dan langsung memegang bagian dadanya. “Sekarang enggak pakai dasi,” kata Presiden.

“Sekarang enggak pakai dasi,” ulangnya. Wartawan mengulang kembali pertanyaan soal perasaan nyaman di Partai Golkar.

Kepala Negara pun akhirnya menyatakan bahwa dia nyaman.

“Kalau soal nyaman itu bagaimana, Pak? Nyaman enggak, Pak?” tanya wartawan.

“Nyaman,” jawab Jokowi yang langsung disambung tawanya.

Adapun saat sesi tanya jawab tersebut, Presiden didampingi oleh Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Balhlil Lahadalia.

Saat pertama kali mendengar pertanyaan wartawan soal dasi kuning, Menteri Bahlil langsung tersenyum dan tak kuasa menahan tawanya.

Bahlil diketahui merupakan politikus Partai Golkar. Sementara itu, Jenderal Agus Subiyanto, Bey Machmudin, dan Bima Arya tersenyum.

Sebelumnya, politikus Partai Golkar Ravindra Airlangga menyebut dasi berwarna kuning yang dikenakan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat kunjungan kerja ke Jepang, merupakan tanda kepala negara itu nyaman dengan Golkar.

“Ini kode dari Pak Jokowi. Biasanya, kan, beliau mengenakan dasi warna lain, sekarang berubah kuning. Buat kami partai kuning (Golkar), ini kode Pak Jokowi menunjukkan kenyamanan dengan filosofi Golkar,” kata Ravindra dalam keterangannya di Jakarta, Senin (18/12/2023).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here