Home Ekonomi Ganjar Beberkan Jurus Dorong UMKM Naik Kelas, Pernah Berhasil di Jawa Tengah

Ganjar Beberkan Jurus Dorong UMKM Naik Kelas, Pernah Berhasil di Jawa Tengah

32
0

Calon Presiden Ganjar Pranowo mengungkap upaya yang pernah dilakukannya untuk meningkatkan kelas UMKM. Hal ini dijalankan usai dia mengantongi sejumlan inti permasalahan yang dihadapi.

Ganjar Pranowo mengatakan, permasalahannya mulai dari pengetahuan atas produk yang dibuat. Lalu, cara pengemasan hingga metode pemasaran. Masalah lainnya, ditemukan terkait akses permodalan bagi UMKM.

“Saya contohnya Bank Jateng setelah menurunkan (suku bunga KUR) itu. Kita buat skema-skema banyak,” ujar Ganjar dalam Dialog Apindo Capres 2024 di Menara Bank Mega, Jakarta, Senin (11/12/2023).

Ganjar menjelaskan, pertama, dirinya menjalankan program Mitra Jateng 25. Program itu memberikan akses modal berupa pinjaman dengan nilai maksimal Rp25 juta untuk UMKM.

Kemudian yang kedua, ada kredit khusus untuk perempuan. Besaran bunganya ditentukan sebesar 2% dalam satu tahun. Ganjar menyebut modal kerja harian dari UMKM berkisar antara Rp500 ribu sampai Rp2 juta.

Setelah itu, Ganjar meracik kembali dengan menggunakan formula pendampingan. Namun, menurutnya program pendampingan sering kali kurang diperhatikan secara serius.

“Pendampingan, ini sering kali tidak dilakukan, pemerintah itu, ini otokritik buat saya sendiri waktu jadi gubernur biar enggak ada yang tersinggung, bahwa ketika mereka melatih, sebagai ASN dia merasa selesai tugasnya. Maka output-nya sudah bisa dilaporkan sudah selesai,” jelasnya.

“Setelah akses modal apalagi? Pendampingan, ini seringkali tidak dilakukan, pemerintah itu, ini otokritik buat saya sendiri waktu jadi gubernur biar enggak ada yang tersinggung, bahwa ketika mereka melatih, sebagai ASN dia merasa selesai tugasnya. Maka output-nya sudah bisa dilaporkan sudah selesai,” katanya.

Kendati begitu, Mantan Gubernur Jawa Tengah ini menagih lebih. Salah satunya adalah outcome dari proses pelatihan yang sebelumnya sudah dilakukan guna membuktikan UMKM benar-benar naik kelas.

Sayangnya outcome dari proses pelatihan tersebut menurut Ganjar tidak pernah bisa dihitung. Padahal Ganjar menilai hal tersebut sangatlah penting untuk membuktikan bahwa UMKM sudah naik kelas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here