Home Nasional Debat Cawapres: Cak Imin, Gibran dan Mahfud Suguhkan Performa Memikat

Debat Cawapres: Cak Imin, Gibran dan Mahfud Suguhkan Performa Memikat

43
0

Debat cawapres yang berlangsung di Jakarta Convention Center, Jumat (22/12/2023) memaparkan visi misi para cawapres dari tiga kontestan.

Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD memperlihatkan kepiawaiannya dalam debat cawapres yang banyak disaksikan orang.

Namun, diluar dugaan, cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menunjukkan performa panggung yang baik. Citra Gibran yang selama ini seperti terlihat pelit bicara ternyata berbeda saat di atas panggung debat.

Dikutip dari beberapa sumber, banyak pengamat yang memuji performa Gibran pada debat cawapres yang mengambil tema ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Baca juga: Catat Nih, KPU Rilis Jadwal dan Tema Debat Capres-Cawapres Pilpres 2024

Asrinaldi pengamat politik Universitas Andalas menilai Gibran menampilkan taktik cerdik untuk menghantam dua kandidat cawapres lainnya.

“Dia memainkan sentimen dan dukungan massa. Psikologi massa dimainkan. Seakan dia tahu banyak hal dan lawan tidak tahu, dia menjadi di posisi yang lebih unggul,” ucap Asrinaldi dilansir CNN Indonesia.

Sementara itu pakar politik Universitas Hasanuddin Andi Lukman Irwan melihat Gibran memberikan kejutan. “Dari sisi penguasaan panggung, gestur, serta cara menyampaikan ide, Gibran tampil mendominasi,” ujar Andi dilansir Detik Sulsel.

Meski Gibran dianggap berhasil menarik perhatian di debat kali ini, Mahfud dan Cak Imin tetap mampu menyampaikan sejumlah program yang berkualitas. Cak Imin dan Mahfud dinilai telah menyampaikan gagasan dan program yang bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi bangsa saat ini.

Baca juga: Ketua KPU: Surat Suara Pemilih Luar Negeri Sudah Dikirim ke-128 PPLN

“Tapi yang disampaikan Cak Imin dan juga Prof Mahfud sesuatu yang sebenarnya punya kualitas program yang bagus. Namun lebih dominan orang melihat aksi panggung Gibran,” jelasnya.

Andi Lukman menilai dengan kualitas program yang ditawarkan Mahfud dan Cak Imin itu juga berpotensi menarik perhatian kaum terdidik atau kalangan masyarakat menengah ke atas. Meski pun keduanya dinilai terjebak ritme panggung yang dimainkan Gibran.

“Bagi masyarakat terdidik dan menengah ke atas bisa melihat bahwa Prof Mahfud dan Cak Imin punya gagasan yang brilian juga dan punya program yang bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat,” jelasnya.

“Cuma beliau berdua ini terjebak ritme dan gaya yang dimainkan Gibran di atas panggung sehingga tidak kelihatan luwes yang kita lihat selama ini. Prof Mahfud tampil menjadi bukan seperti Prof Mahfud yang kita kenal,” tambah Andi Lukman.

Dia mengakui seorang dengan latar belakang akademisi seperti Mahfud harus menyesuaikan diri dengan waktu pemaparan yang singkat di debat. Hal ini harus menjadi evaluasi Mahfud untuk debat Cawapres selanjutnya.

Baca juga: Ganjar Tanyakan Soal Penculikan Aktivis, Prabowo Berkelit: Masalah HAM Jangan Dipolitisasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here