Home Nasional Catat Nih, KPU Rilis Jadwal dan Tema Debat Capres-Cawapres Pilpres 2024

Catat Nih, KPU Rilis Jadwal dan Tema Debat Capres-Cawapres Pilpres 2024

43
0

Komisi Pemilihan Umum (KPU) merilis jadwal debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). Debat akan diselenggarakan lima kali selama Desember 2023 sampai Februari 2024.

Dalam jadwal tersebut, KPU mengatur tema yang akan menjadi bahan perdebatan para kontestan Pilpres 2024. Berikut daftar jadwal dan tema debat capres-cawapres yang akan digelar selama lima kali di Jakarta:

Jadwal dan Tema Debat Pilpres 2024

1. Jadwal debat pertama: Selasa, 12 Desember 2023
Tema debat pertama: Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.

2. Jadwal debat kedua: Jumat, 22 Desember 2023
Tema debat kedua: Pertahanan, Keamanan, Geo Politik, dan Hubungan Internasional.

3. Jadwal debat ketiga: Minggu, 7 Januari 2024
Tema debat ketiga: Ekonomi (Kerakyatan dan Digital), Kesejahteraan Sosial, Investasi, Perdagangan, Pajak (Digital), Keuangan, Pengelolaan APBN dan APBD, Infrastruktur.

4. Jadwal debat keempat: Minggu, 21 Januari 2024
Tema debat keempat: Energi, SDA, SMN, Pangan, Pajak Karbon, Lingkungan Hidup, dan Agraria, dan Masyarakat Adat.

5. Jadwal debat kelima: Minggu, 4 Februari 2024
Tema debat kelima: Teknologi Informasi, Peningkatan Pelayanan Publik, Hoaks, Intoleransi, Pendidikan, Kesehatan (Post-COVID Society), dan Ketenagakerjaan.

Sebagai informasi, debat capres-cawapres Pilpres 2024 termasuk dalam metode kampanye Pemilu 2024. Pelaksanaan debat ini juga telah diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilu 2024.

Debat capres-cawapres Pilpres 2024 ini akan disiarkan langsung secara nasional oleh media massa elektronik melalui lembaga penyiaran publik atau lembaga penyiaran swasta.

Namun berbeda dengan debat pilpres sebelumnya. Kali ini komposisi debat mengalami perubahan yaitu setiap jadwal debat akan dihadiri oleh kedua pasangan capres-cawapres.

Berbeda dengan debat sebelumnya, dimana pada saat jadwal debat capres, cawapres tidak diperbolehkan menemani capres yang berdebat. Demikian juga saat debat cawapres, capres yang bersangkutan tidak hadir menemani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here