Home Nasional Bluebird Group Gelontorkan Rp250 Miliar Dukung Transportasi Ramah Lingkungan di IKN

Bluebird Group Gelontorkan Rp250 Miliar Dukung Transportasi Ramah Lingkungan di IKN

45
0

Presiden Joko Widodo secara resmi meluncurkan transportasi ramah lingkungan di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, (21/12/2023).

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan apresiasi atas komitmen Bluebird Group dalam mendukung inisiatif transportasi ramah lingkungan di IKN.

Menurutnya, inisiatif ini merupakan satu langkah maju untuk menciptakan masa depan mobilitas yang berkelanjutan. “Dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat,” lanjutnya.

Peluncuran transportasi ramah lingkungan oleh Bluebird Group ini memiliki nilai investasi sebesar Rp250 miliar yang akan digunakan dalam pengembangan sistem transportasi ramah lingkungan.

Jokowi juga menyebutkan, beragam moda transportasi darat telah dipersiapkan guna mendukung transportasi hijau di IKN.

Dalam keterangan resminya Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Adrianto Djokosoetono menjelaskan keputusan investasi di IKN sejalan dengan komitmen Bluebird untuk mendukung inisiatif ramah lingkungan.

Dan juga menciptakan masa depan mobilitas yang berkelanjutan melalui Visi Keberlanjutan 50:30, yaitu upaya pengurangan hingga 50% emisi karbon dan buangan perusahaan pada tahun 2030.

“Bluebird Group memiliki Visi Keberlanjutan 50:30 yang bertujuan menciptakan lingkungan yang lebih sehat. Hal ini sejalan dengan konsep pembangunan IKN sebagai smart forest city,” ujar Adrianto.

Disampaikan Adrianto, investasi dan kontribusi Bluebird akan digunakan untuk pengembangan sistem transportasi ramah lingkungan yang meliputi pengadaan bus rapid transit listrik (layanan bus perkotaan), taksi listrik, mobil rental listrik, bus jurusan IKN-Balikpapan.

Serta sarana pendukung lainnya, seperti halte, park and ride, transfer point, depo, dan charging point yang semuanya akan dikelola secara terintegrasi menggunakan teknologi pintar.

Nantinya, kemudahan dan kenyamanan mobilitas penduduk IKN akan didukung oleh Bluebird dengan investasi taksi listrik hingga 100 unit, armada mobil rental listrik hingga 50 unit, armada bus jurusan IKN-Balikpapan hingga 10 unit, charging point, dan depo.

Sedangkan untuk kontribusi meliputi layanan bus perkotaan listrik hingga 40 unit, halte hingga 53 titik, 1 transfer point (bus interchange station), dan 2 park and ride.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here