Home Nasional Siapkan Infrastruktur Digital yang Kuat Pemerintah akan Bangun 100 Smart City di...

Siapkan Infrastruktur Digital yang Kuat Pemerintah akan Bangun 100 Smart City di Indonesia

26
0

Salah satu pilar penting mewujudkan visi Indonesia Maju 2045 yaitu pembangunan infrastruktur digital yang kuat.

Hal tersebut disampaikan Menkominfo Budi Arie Setiadi dalam Dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB9): ‘Infrastruktur Digital Menuju 100 Smart City’, di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Jumat (3/11/2023).

Menkominfo Budi menyatakan salah satu kunci mewujudkan visi tersebut dengan transformasi digital yang menyeluruh. Salah satu implementasi kebijakan transformasi digital dengan melaksanakan pembangunan smart city.

Menkominfo menyatakan telah menyiapkan Peta Jalan Digital sebagai pedoman strategis untuk membangun smart city di Indonesia. Pemerintah telah menargetkan pembangunan 100 smart city.

Pedoman tersebut, pertama adalah penyediaan infrastruktur di sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Menurut Menteri Budi Arie, Pemerintah akan terus meningkatkan kapasitas dan cakupan infrastruktur bagi transformasi digital di seluruh Indonesia.

“Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan teknologi satelit. Teknologi ini cocok untuk negara seluas Indonesia karena dapat menjangkau wilayah yang sulit dijangkau oleh infrastruktur terestrial,” jelasnya.

Kedua, pengelolaan spektrum frekuensi, standar perangkat dan layanan publik. Pemerintah akan mengelola spektrum frekuensi secara efisien dan efektif untuk mendukung pembangunan smart city.

Ketiga, pemerintah akan menetapkan standar perangkat TIK dan layanan publik yang kompatibel dengan teknologi digital. Hal ini untuk memastikan bahwa TIK dapat digunakan secara optimal untuk mendukung berbagai kebutuhan masyarakat.

Pemerintah juga akan mendorong pemanfaatan teknologi digital di berbagai bidang, seperti pemerintahan, pendidikan, kesehatan, dan transportasi.

Selain infrastruktur dan teknologi, pembangunan smart city juga membutuhkan sumber daya manusia yang kompeten. Untuk itu, pemerintah akan terus meningkatkan literasi digital dan keterampilan digital masyarakat.

“Dalam hal literasi digital, Kominfo telah menjalankan program literasi digital sejak 2017. Program ini telah menjangkau lebih dari 22 juta orang di seluruh Indonesia,” tutur Menkominfo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here