Home Politik Rasakan Suasana Ketidakpercayaan Jelang Pemilu 2024, Anies Baswedan: Awal Bukan Optimis tapi...

Rasakan Suasana Ketidakpercayaan Jelang Pemilu 2024, Anies Baswedan: Awal Bukan Optimis tapi Hati-Hati dengan Kecurangan

29
0

Calon Presiden (Capres) nomor urut 1, Anies Baswedan bertanya-tanya soal banyaknya narasi antisipasi kecurangan jelang Pemilu 2024.

Narasi kecurangan dalam Pemilu itu membuat Anies merasa ada suasana ketidakpercayaan di tengah publik yang muncul di tahun-tahun politik.

Padahal, pada Pemilu sebelumnya Anies merasa tidak ada isu soal kecurangan yang muncul sebelum pemilihan berlangsung.

Hal itu diungkapkan Anies dalam sambutan deklarasi dukungan relawan Garda Matahari pada Jumat (17/11/2023).

Calon Presiden (capres) Koalisi Perubahan Anies Baswedan mengatakan, tidak pernah pada Pemilihan Umum atau Pemilu -Pemilu sebelumnya di awal sudah ramai kekhawatiran akan kecurangan bakal terjadi.

Menurut dia, biasanya selalu, pemilu disambut dengan optimistis. Namun berbeda dengan Pemilu 2024 kali ini.

“Nah selama bertahun-tahun kita melewati Pemilu sejak tahun 1999 2004, 2009, 2014, 2019 tidak pernah menjelang Pemilu kita bicara tentang hati-hati dengan kecurangan. Betul tidak? Selama apakah 2004-2009 dari kita semua menyongsong pemilu dengan perasaan optimistis, menyongsong pemilu dengan perasaan kita akan ada pemilihan yang hasilnya legitimate,” ujar Anies.

Anies mengatakan, apa yang terjadi menjelang Pemilu 2024, publik khawatir kecurangan, ketidakadilan, dan manipulasi. Menurut dia, muncul ketidakpercayaan kepada negara.

“Mengapa akhir-akhir ini kita bicara tentang jangan sampai ada kecurangan, jangan sampai ada ketidakadilan, jangan sampai ada manipulasi. Artinya ada suasana munculnya ketidakpercayaan hari ini,” kata Anies.

Oleh karena itu, Anies menyuarakan untuk melakukan perubahan supaya mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah dan institusinya.

“Inilah esensi perubahan, perubahan ini akan mengembalikan kepercayaan kepada negara, mengembalikan kepercayaan kepada pemerintah, mengembalikan kepercayaan kepada institusi-institusi yang menjalankan kepentingan rakyat, mengembalikan kepercayaan itu adalah perubahan,” kata Anies.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here