Home Politik Program Sekolah Gratis Jateng Jadi Nasional, Bakal di Terapkan Ganjar-Mahfud

Program Sekolah Gratis Jateng Jadi Nasional, Bakal di Terapkan Ganjar-Mahfud

24
0

Politikus muda PDIP Aryo Seno Bagaskoro mengatakan Ganjar dan Mahfud percaya pendidikan merupakan kunci utama memutus mata rantai kemiskinan. Menurutnya, gagasan tersebut tidak lepas dari latar belakang keduanya yang berasal dari keluarga yang pernah mengalami kesulitan membiayai pendidikan.

“Maka program dan visi misi yang dibuat adalah berdasarkan pengalaman hidup di masa lalu, sekaligus menyambung best practices yang pernah dilakukan oleh beliau berdua, dalam konteks ini Pak Ganjar saat menjabat sebagai gubernur Jateng,” kata Seno.

“Jadi semua program ini tidak muncul dari ruang hampa, tapi ada latar belakang keterkaitannya,” kata Seno menambahkan.

Pria yang menjadi Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud itu menyebut pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD bakal menerapkan program sekolah gratis yang sudah berjalan di Jawa Tengah secara nasional jika menang dalam Pilpres 2024.

“Visi Pak Ganjar ke depan, SD-SMP-SMA (SMK) yang dikelola oleh pemerintah harus bisa gratis. Termasuk dalam hal pendidikan vokasi,” kata Seno kepada wartawan, Selasa (21/11/2023).

Kemudian Aryo menyebut, tidak hanya siswa sekolah negeri saja yang akan mendapatkan pembelajaraan gratis, namun sekolah swasta berbasis Islam yang memenuhi syarat akan diberikan subsidi.

“Bahkan lebih jauh, beberapa sekolah swasta atau lembaga pendidikan berbasis agama yang memenuhi syarat untuk dibantu subsidi, harus difasilitasi juga,” kata dia.

Seno mengatakan program ini selaras dengan platform program lain yang menargetkan satu keluarga miskin satu sarjana. Dia memastikan Ganjar -Mahfud akan mengalokasikan anggaran mewujudkan program yang sudah berjalan di Jawa Tengah.

“Pembagian pengelolaan kewenangan pendidikan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dapat dimaksimalisasi gotong royongnya. Siapa mengelola apa, kemudian penganggarannya diprioritaskan dalam hal pendidikan,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here