Home Nasional Pembangunan Infrastruktur Digital Perlu Dukungan Keamanan Siber Mumpuni

Pembangunan Infrastruktur Digital Perlu Dukungan Keamanan Siber Mumpuni

26
0

Pembangunan infrastruktur digital dan Smart City di Indonesia tidak hanya membutuhkan infrastruktur dan talenta digital yang kuat, tetapi juga keamanan data yang terjamin karena semua layanan digital yang saling terkoneksi bergantung pada infrastruktur informasi vital.

Deputi Bidang Kemanan Siber dan Sandi Pemerintahan dan Pembangunan Manusia BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara), Sulistyo menyebutkan jika satu sistem keamanan siber diserang, maka hal ini dapat mengganggu seluruh layanan digital.

“Untuk mengatasi tantangan ini, kami telah bekerja sama dengan Kominfo untuk membangun literasi keamanan siber dan menyiapkan SDM keamanan siber,” katanya.

“Berdasarkan analisis BSSN, kebutuhan SDM keamanan siber di Indonesia mencapai 39 ribu orang sampai dua tahun ke depan,” jelas Sulistyo.

Menurut Sulistyo, BSSN telah melakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Kominfo untuk menyelenggarakan Pelatihan Keamanan Siber.

Diharapkan, pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi SDM pemerintah daerah dalam bidang keamanan siber.

Adapun Executive Director Comsnets Representative ID, Ade Melita, mempresentasikan kebocoran data adalah salah satu ancaman nyata di era digital.

Data pribadi masyarakat, seperti data kependudukan, data perbankan, dan data kesehatan menjadi sasaran empuk para peretas.

“Cyber security terus berkembang, tetapi challenge yang muncul juga cepat,” tegasnya.

Ade mengakui bahwa keamanan digital merupakan agenda penting bagi Comsnet. Untuk meningkatkan keamanan digital, Comsnet telah melakukan berbagai upaya, baik di level industri maupun di level rumah tangga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here