Home Nasional Pembangunan IKN Libatkan Semua Pihak, Utamakan Investor Dalam Negeri

Pembangunan IKN Libatkan Semua Pihak, Utamakan Investor Dalam Negeri

15
0

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa pemerintah tidak bisa membangun Ibu Kota Nusantara (IKN) secara mandiri. Oleh karena itu, Presiden mengajak semua pihak untuk ikut serta mendukung pembangunan IKN.

“Pemerintah tidak bisa sendiri, butuh peran semua dari kita, butuh kontribusi semua dari kita, termasuk utamanya para pengusaha, para investor, para CEO, dan Bapak Ibu semuanya yang hadir di sini,” ucap Presiden dalam sambutannya pada acara Kompas 100 CEO Forum yang digelar di kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, (2/11/2023).

Presiden kemudian menyinggung sistem manajemen dan tata kelola Guyana, salah satu negara di Amerika Selatan yang berhasil menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat. Presiden menyebut, peningkatan perekonomian Guyana dihasilkan dari kolaborasi antara pemerintah dengan sektor swasta.

“Digarap oleh swasta bukan oleh BUMN tetapi difasilitasi, diatur oleh pemerintah. Itu yang benar,” jelasnya.

Kepala Negara menjelaskan total anggaran pembangunan IKN mencapai USD33 miliar sehingga tidak mungkin ditanggung oleh pemerintah sendiri. Oleh sebab itu, Presiden Jokowi menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan sektor swasta.

“Kemarin kita rancang 20 persen itu dari anggaran APBN yang 80 persen itu dari PPP atau private sector,” ujarnya.

Dijelaskan hingga saat ini banyak investor asing yang tertarik untuk berinvestasi di kawasan IKN. Namun, saat ini pemerintah memprioritaskan investor dalam negeri.

“Misalnya dari Singapura kemarin 130 investor datang melihat Nusantara. Banyak yang berminat, yang sudah letter of interest berapa total? 320. Banyak, tapi kita berikan terlebih dahulu kepada investor-investor dalam negeri,” ujar Kepala Negara.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here