Home Nasional Letjen Maruli Simanjuntak Masuk Salah Satu Kandidat KSAD Pilihan Jokowi

Letjen Maruli Simanjuntak Masuk Salah Satu Kandidat KSAD Pilihan Jokowi

25
0

Letnan Jenderal (Letjen) Maruli Simanjuntak disebut-sebut masuk dalam kandidat bursa calon Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal Agus Subiyanto yang telah resmi dilantik menjadi Panglima TNI.

Presiden Joko Widodo bahwa Letnan Jenderal (letjen) Maruli yang memegang jabatan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) merupakan salah satu kandidat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) berikutnya.

“(Letjen Maruli) salah satu kandidat, iya,” kata jokowi di Indonesia Arena, Jakarta, Sabtu, (25/11/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi tidak ingin membeberkan kandidat yang lain. Ia hanya akan memastikan kandidat KSAD pekan depan.

“Minggu depan ini saya kira kita putuskan,” ujar Jokowi.

Sebelumnya diketahui, posisi KSAD saat ini masih kosong karena KSAD sebelumnya, Jenderal Agus Subiyanto dilantik menjadi Panglima TNI, pada Rabu (22/11/2023).

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengatakan, ada tiga nama yang berpeluang mengganti posisi KSAD Letjen TNI Maruli Simanjuntak, Letjen TNI Suharyanto dan Letjen TNI Inyoman Cantiasa.

Suharyanto adalah Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) sedangkan Nyoman adalah Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) KSAD.

“Ada beberapa nama. Pak Maruli sdalah sdatu yang kuat, kemudian ada pak Suharyanto, Kepala BNPB, dan pak Nyoman Cantias”, Ujar Meutya dilansir dari laman DPR.

Sementara itu Maruli siap apabila ditunjuk menjadi KSAD karena seorang tentara harus siap menjalankan setiap tugas yang diberikan.

“Kalau tentara, ditunjuk gak ditunjuk, harus bekerja terus,” kata Maruli di kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Senin (30/11/2023).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here