Home Nasional Jasa Marga Terus Benahi Standar Pelayanan Minimal di Tol Jakarta-Cikampek

Jasa Marga Terus Benahi Standar Pelayanan Minimal di Tol Jakarta-Cikampek

30
0

Sebagai salah satu jalan tol dengan lalu lintas harian rata-rata (LHR) tertinggi, jalan tol Jakarta-Cikampek dipastikan memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang telah diatur dalam Peraturan Menteri PUPR No.16/PRT/M/2014.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan, Jasa Marga berkomitmen untuk memenuhi SPM dalam rangka peningkatan pelayanan kepada pengguna jalan.

“Peningkatan lalu lintas di ruas jalan tol selaras dengan peningkatan SPM. Salah satu jalan tol Jasa Marga Group dengan Lalu lintas Harian Rata-rata (LHR) tertinggi periode Triwulan III Tahun 2023 (Januari-September) adalah Jalan Tol Jakarta-Cikampek,” ungkapnya.

“Jasa Marga melalui PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) juga memastikan SPM ini terpenuhi secara optimal di jalan tol sepanjang 83 KM ini yang menjadi backbone bagi pengguna jalan dari dan menuju Jalan Tol Trans Jawa dan Jalan Tol Cipularang,” ujar Lisye.

“Dalam pelayanannya, Jalan Tol Jakarta-Cikampek terintegrasi dengan Jalan Layang Mohamed Bin Zayed (MBZ) yang menjadi solusi untuk mengurai kepadatan kendaraan,” sambungnya.

“Untuk itulah, tidak hanya Jalan Tol Jakarta-Cikampek, pemenuhan SPM juga harus berjalan optimal di Jalan Layang MBZ sehingga manfaat yang dirasakan oleh pengguna jalan diterima secara utuh,” tambah Lisye.

Di sisi lain, Direktur Utama PT JTT Rudi Kurniadi menjelaskan sejumlah upaya peningkatan layanan dan pemenuhan SPM yang dilakukan oleh PT JTT selalu mengacu pada substansi pelayanan yang sesuai dengan SPM.

Peningkatan layanan tersebut yaitu perbaikan perkerasan jalan, pengelupasan dan pelapisan ulang jalan, pembersihan saluran dan endapan serta perbaikan pagar ruang milik jalan (rumija).

Selain itu, dalam menjaga tingkat keselamatan berkendara di jalan tol, PT JTT juga merawat rambu-rambu, petunjuk jalan, marka jalan, reflektor dan patok kilometer di sepanjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Layang MBZ.

“Peningkatan layanan yang dilakukan PT JTT di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Layang MBZ pun tidak berfokus pada jalur utama saja melainkan juga pada akses masuk dan keluar jalan tol. Hal ini dimaksudkan agar pengguna jalan tetap dapat merasakan kenyamanan berkendara yang sama seperti di jalur utama,” jelas Rudi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here