Home Nasional HUT ke-52 Korpri Menteri PANRB Dorong Digitalisasi dalam Birokrasi

HUT ke-52 Korpri Menteri PANRB Dorong Digitalisasi dalam Birokrasi

59
0

Peringatan HUT ke-52 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) digelar di Jakarta International Velodrome, Jakarta, Rabu (29/11/2023).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas dalam kesempatan tersebut menyampaikan pentingnya digitalisasi untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

“ASN sebagai engine dalam birokrasi harus dapat menyelesaikan masalah yang ada dengan pendekatan yang paling update. Kita tidak boleh menyelesaikan masalah saat ini dengan pendekatan masa lalu. Digitalisasi dalam layanan pemerintahan sudah merupakan keharusan,” ujar Anas.

Anas mengatakan, perubahan yang saat pesat yang terjadi saat ini karena dua hal besar, yakni perkembangan teknologi dan perubahan harapan masyarakat yang terus meningkat terhadap pemerintah.

Oleh karena itu, Anas berharap Korpri mampu menjawab tantangan tersebut dengan memperkuat kompetensi digital dan budaya digital pada seluruh ASN, serta membentuk layanan digital pemerintah secara terpadu dengan mengutamakan kebutuhan masyarakat.

Anas menekankan, sebagai mesin birokrasi, kinerja ASN sangat menentukan kinerja pemerintah. Oleh karena itu, kondisi birokrasi harus dipastikan dalam keadaan prima sehingga bisa menggerakkan memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat.

“Untuk memastikan kondisi prima tersebut, dibutuhkan ekosistem yang baik, mulai dari aspek ideologi, budaya kerja, tata kelola kinerja, hingga kesejahteraan,” lanjutnya.

“Korpri ke depan harus terus menjadi pengungkit kinerja birokrasi agar berbagai program pembangunan dapat terlaksana dan berdampak positif bagi masyarakat,” ujarnya.

Menteri PANRB juga kembali mengingatkan arahan Presiden Jokowi mengenai pentingnya reformasi birokrasi yang berdampak bagi masyarakat.

“Presiden meminta kita semua bergerak dengan dampak yang nyata dirasakan oleh rakyat,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here