Home Daerah Gempar Menu Program Pencegah “Stunting” di Depok Hanya Nasi-Tahu Rebus dengan Anggaran...

Gempar Menu Program Pencegah “Stunting” di Depok Hanya Nasi-Tahu Rebus dengan Anggaran 4,4 Milyar, Dinkes: Ada Kekeliruan

28
0

Viral di media sosial terlihat foto yang menunjukkan menu pencegah stunting dalam program pemberian makanan tambahan (PMT) Dinas Kesehatan Kota Depok di Kecamatan Tapos dan mendapat kritik dari masyarakat luas.

Tampak foto yang menggemparkan itu terlihat menu yang diberikan kepada anak-anak dibungkus wadah transparan dengan sajian nasi, kuah sup dan tahu rebus dengan anggaran Rp 18.000 per paket.

Pada kemasannya tampak tutup warna-warni bergambar Walikota Depok Mohamad Idris dan Wakil Walikota Imam Budi Hartono.

Masyarakat menilai sajian itu belum mampu menunjang asupan gizi anak. Menanggapi temuan ini, Dinkes Kota Depok mengakui ada kekeliruan dalam program PMT di Kecamatan Tapos.

“Di Kecamatan Tapos terjadi ketidaksesuaian menu dan ada arahan yang belum sesuai,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Jawa Barat Mary Liziawati kepada wartawan di Depok, Rabu (15/11/2023).

Mary meyakini, kekeliruan terjadi karena kader posyandu yang mendistribusikan makanan tambahan tidak tersosialisasi dengan baik.

Betul-betul harapannya kemaren sudah tersosialisasikan ke kader di bawah, tapi ada saja kader yang mungkin ketinggalan. Seperti di Tapos, belum terjadi koordinasi yang baik, lintas sektor di hari pertama,” ujar Mary.

Sedangkan, kecamatan lainnya di Kota Depok menerapkan menu PMT sebagaimana dalam ketentuan dinkes, yakni berupa makanan kudapan untuk enam hari, dan makanan lengkap di hari ketujuh.

“Karena di kecamatan lain sih benar menunya, berjalan baik. Di kecamatan lain kan kudapan, eh di Tapos kok nasi, gitu ya,” tutur Mary.

Bercermin pada kejadian ini, Mary mengklaim telah mengevaluasi program PMT di Tapos pada Jumat (10/11/2023) sehingga menu PMT pada hari berikutnya telah sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan Dinkes Depok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here