Home Mancanegara 25 Unit Pesawat N219 Buatan Indonesia Dibeli Perusahaan Cina

25 Unit Pesawat N219 Buatan Indonesia Dibeli Perusahaan Cina

20
0

BUMN PT Dirgantara Indonesia (PT DI) menandatangani kesepakatan kerja sama untuk penjualan pesawat N219 produksi mereka ke Negeri Tirai Bambu.

Kesepakatan tersebut dicapai dalam perhelatan The Aero Asia yang diikuti PT DI di Zhuhai International Airshow Center, Cina.

Kesepakatan ini ditandai dengan penandatanganan Letter of Intent (LoI) yang ditandatangani oleh Direktur Niaga, Teknologi & Pengembangan PT DI, Moh. Arif Faisal dan Direktur Linkfield Technologies, Patrick Goh.

Moh. Arif Faisal menjelaskan, dari penjualan 25 unit N219 tersebut, 5 di antaranya untuk sebuah airlines sebagai pengguna armada. Sisanya 20 unit untuk leasing company di Cina.

Masing-masing pesawat nantinya akan diproduksi dengan konfigurasi tertentu, sesuai dengan kebutuhan pemesan.

“Merupakan hal yang luar biasa bagi PT DI untuk dapat bekerja sama dengan Linkfield Technologies dan menyepakati rencana penjualan 25 unit N219 di pasar ekspor, yang tentunya akan mendorong kekuatan dan kehadiran produk kami di pasar China,” kata Direktur PT DI melalui pernyataan resmi, (24/11/2023).

Arif Faisal menambahkan, N219 merupakan pesawat yang dirancang dan dikembangkan sepenuhnya oleh para engineer Indonesia. Kontrak pembelian ini menandai tonggak penting bagi N219 memasuki pasar global.

Kerja sama PT DI dengan Linkfield Technologies sendiri merupakan tindak lanjut dari relasi yang sudah terjalin sebelumnya.

Sebelumnya, Patrick Goh pernah berkunjung ke PT Dirgantara Indonesia di Bandung, dirinya menilai pesawat untuk konektivitas regional seperti N219 masih diperlukan.

“Karena selama 50 tahun terakhir semua orang mencoba membangun pesawat besar untuk rute dari kota-kota besar maupun internasional. Tapi mereka lupa bahwa kita masih punya permasalahan konektivitas bagi penduduk yang tinggal di wilayah pedesaan, belum berkembang dan ada masalah akses, tidak ada kereta api, jalan raya, kecuali Anda memiliki pesawat seperti N219,” ujarnya.

Dalam pameran dirgantara yang berlangsung 23-26 November 2023 itu, PT DI menampilkan berbagai macam produk, layanan, dan inovasinya, seperti menampilkan pesawat model CN235, NC212i dan pesawat N219.

Ketiga produk terbaru PT DI itu telah memperoleh Type Certificate (TC) yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan RI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here