Home Nasional UU IKN Baru Disahkan, Kepala Otorita Bisa Angkat Pejabat Tinggi Meski Non...

UU IKN Baru Disahkan, Kepala Otorita Bisa Angkat Pejabat Tinggi Meski Non ASN

13
0

Perubahan atas Undang-Undang (UU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara telah masuk dalam prioritas Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Tahun 2023.

DPR RI menyetujui revisi Undang-Undang (UU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara (IKN) disahkan menjadi UU.

Keputusan Revisi UU IKN menjadi UU disahkan dalam rapat paripurna yang digelar di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (3/10/2023).

Rapat paripurna ini dipimpin Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad dan Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel, serta Lodewijk F Paulus.

Revisi UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara (IKN) yang baru, menambahkan pasal yang memberikan kewenangan Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara untuk mengangkat pejabat tinggi non ASN.

Melalui draf UU IKN, Dalam Pasal 42 terlihat ada perubahan dari yang awalnya hanya terdiri dari 2 ayat menjadi 7 ayat. Salah satunya terdapat pengecualian dari ketentuan peraturan perundang- undangan yang mengatur mengenai ASN.

“Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara dapat mengangkat pejabat pimpinan tinggi pratama dari sumber daya manusia yang tidak berstatus pegawai negeri sipil dalam struktur organisasi dan untuk pengisian jabatan di lingkungan Otorita Ibu Kota Nusantara sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” demikian bunyi Pasal 42 ayat (4).

Selain itu dalam Pasal 42 juga ayat (6) juga mengatur aturan yang menyebutkan sejak Otorita Ibu Kota Nusantara mulai menyelenggarakan Pemerintahan Daerah Khusus Ibu Kota Nusantara.

Maka setiap perjanjian yang dibuat oleh Otorita Ibu Kota Nusantara yang sumber pendanaannya berasal dari APBN tetap mendapatkan pendanaan dari APBN sampai dengan berakhirnya perjanjian tersebut.

Pun pada saat UU ini mulai berlaku, DPR melalui alat kelengkapan dewan yang membidangi pemerintahan diminta untuk mengadakan pengawasan, pemantauan, dan peninjauan atas penyelenggaraan pemerintah daerah khusus Ibu Kota Nusantara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here