Home Nasional Soal Putusan MK, Gibran Mentok Diumur tapi Jabatan Walikota Solo Buka Peluang...

Soal Putusan MK, Gibran Mentok Diumur tapi Jabatan Walikota Solo Buka Peluang Jadi Cawapres

28
0

Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan menolak uji materi terhadap UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum terkait usia capres dan cawapres yang diajukan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Dengan keputusan tersebut usia minimal capres dan cawapres minimal 40 tahun tetap menjadi syarat bagi capres dan cawapres.

“Menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya,” ujar Ketua MK Anwar Usman di Gedung MK, Jakarta (15/10/2023).

Namun yang menarik, MK mengabulkan sebagian gugatan yang diajukan Almas Tsaqibbirru yang mengajukan gugatan batas usia minimal calon presiden dan wakil presiden 40 tahun atau pernah sedang menjadi kepala daerah.

“Mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian,” ucap Ketua MK Anwar Usman saat membacakan putusan.

Menurut MK, batas usia paling rendah 40 tahun bertentangan dengan UUD dan tidak memiliki kekuatan hukum mengikat, “Sepanjang tidak dimaknai, “Berusia paling rendah 40 tahun atau pernah, sedang menduduki jabatan yang dipilih, melalui pemilihan umum termasuk pemilihan umum daerah.”,” kata hakim MK.

Dalam persidangan yang digelar hari ini, (16/10/2023) terdapat sejumlah perkara yang akan dibacakan putusannya terkait batas usia capres dan cawapres.

Sebagai catatan, terdapat 11 nomor perkara yang akan diputus MK hari ini terkait uji materil batas usia capres-cawapres. 11 perkara tersebut disampaikan oleh penggugat yang berbeda-beda.

Dengan keluarnya putusan MK ini maka peluang Walikota Solo Gibran Rakabuming untuk dicalonkan sebagai cawapres masih terbuka lebar meski jika ditinjau dari segi usia belum memenuhi ketentuan UU.

Namun dari jabatan publik, Gibran berpeluang besar untuk ikut dalam konstestasi pemilihan presiden dan wakil presiden karena dia merupakan kepala daerah yang sedang menduduki jabatan hasil pemilu daerah. Apalagi sebagai Walikota Solo, Gibran dinilai sukses memimpin dan membangun Kota Solo.

Sebagaimana diketahui, Gibran yang kelahiran 1 Oktober 1987 santer dipasangkan dengan Prabowo Subianto sebagai pasangan capres dan cawapres pada Pemilu 2024.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here