Home Nasional Resmikan Kereta Cepat Whoosh, Jokowi: Jangan Alergi Kritik, Terus Belajar

Resmikan Kereta Cepat Whoosh, Jokowi: Jangan Alergi Kritik, Terus Belajar

23
0

Pembangunan infrastruktur moda transportasi publik sebagai perwujudan Proyek Strategis Nasional (PSN) salah satu diantaranya adalah Kereta Cepat Woosh yang baru-baru ini diresmikan oleh Kepala Negara.

Dalam hal ini, Presiden Joko Widodo memberi pesan kuat untuk tetap melanjutkan proses pembangunan infrastruktur di masa yang akan datang.

Jokowi menyampaikan pesannya setelah Kereta Cepat Jakarta Bandung atau Kereta Cepat Whoosh selesai dibangun dan resmi dioperasikan.

“Saya pesan agar kita semuanya tidak alergi terhadap kritik dan tetap semangat untuk belajar. Karena pengalaman kita membangun infrastruktur baik jalan tol, pelabuhan, bandara, bendungan, transportasi telah memberikan pengalaman,” ujar Jokowi dalam sambutannya sebelum meresmikan Kereta Cepat Whoosh di Stasiun Kereta Cepat Halim, Jakarta Timur, Senin (2/10/2023).

Selain itu, kata Jokowi, pengalaman membangun sejumlah infrastruktur saat ini bisa menjadi bekal untuk menghasilkan hasil-hasil yang lebih baik di masa depan.

Menurut Kepala Negara, Indonesia juga harus berani mencoba hal baru dalam pembangunan infrastruktur.

Hal tersebut membuka kesempatan belajar untuk anak-anak bangsa yang akan sangat berguna bagi masa depan. “Membuat SDM-SDM kita semakin maju dan bangsa kita semakin Mandiri,” tambah Jokowi.

Setelah memberi sambutan, Presiden Jokowi langsung meresmikan Kereta Cepat Whoosh di Stasiun Kereta Cepat Halim.

Presiden pun menjelaskan arti nama “Whoosh” untuk Kereta Cepat Jakarta Bandung yang baru diresmikannya itu.

Menurut Presiden, nama “whoosh” terinspirasi dari suara yang timbul saat KCJB sedang melintas.

“Kereta cepat ini kita namakan WHOOSH, W, H, OOSH, dibaca wusss. ini diinspirasi dari suara yang melesat dari kereta berkecepatan tinggi ini,” ujar Jokowi.

Selain itu, kata Jokowi, Whoosh juga merupakan singkatan dari “waktu hemat operasi optimal sistem hebat”.

Presiden mengungkapkan, Kereta Cepat Whoosh merupakan kereta cepat pertama di Indonesia dan juga pertama di Asia Tenggara dengan kecepatan 350 kilometer per jam.

Kereta cepat ini menandai modernisasi transportasi massal Indonesia yang disebut Jokowi lebih efisien yang ramah lingkungan.

Usai peresmian, Presiden naik kereta nomor G5901 yang berangkat dari Stasiun Halim di Jakarta Timur menuju ke Stasiun Padalarang di Bandung Barat. Kepala Negara duduk di samping Ibu Negara Iriana Joko Widodo selama perjalanan di kursi dengan nomor seat 1-2.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here