Home Politik Raih Sokongan Barikade Gus Dur Buka Peluang Kemenangan Paslon Ganjar-Mahfud di Pilpres...

Raih Sokongan Barikade Gus Dur Buka Peluang Kemenangan Paslon Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024

20
0

Sokongan dari Barisan Kader (Barikade) Gus Dur dapat menentukan kemenangan untuk pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Hal itu diungkapkan Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menilai, dukungan itu dianggap bisa mendongkrak elektoral kepada pasangan tersebut.

“Saya kira dukungan Barikade Gus Dur itu bisa memperkuat Ganjar dan Mahfud yang memang selama ini cenderung dominan di kalangan warga Nahdliyin,” ujar Saidiman saat di hubungi, Jumat (27/10/2023).

Meskipun demikian, Saidiman mengatakan dukungan dari Barikade Gus Dur dapat membuka potensi kemenangan pasangan Ganjar-Mahfud lebih lebar lagi. Apalagi, jumlah pemilih dari kalangan Nahdliyin sebesar 20%.

Dia menjelaskan hal itu pernah terjadi saat Presiden Joko Widodo bisa memenangkan Pilpres 2014 dan 2019. Untuk itu, ia meyakini, dukungan Barikade Gus Dur dapat membuka peluang kemenangan bagi Ganjar-Mahfud.

“Total anggota NU sekitar 20 persen dari populasi. Jumlahnya cukup besar. Dua kali pemilu terakhir, warga NU lebih banyak ke Jokowi. Karena jumlahnya yang besar, arah dukungan warga NU cukup menentukan kemenangan,” tandasnya.

Telah diketahui, Putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Yenny Wahid bersama Barisan Kader Gus Dur resmi mendukung pasangan Capres dan Cawapres, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Wanita bernama lengkap Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid ini mengungkapkan alasannya mendukung Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024. Hal ini dikarenakan dia memiliki kedekatan dengan Mahfud MD.

Yenny Wahid mengatakan, Mahfud MD juga sangat dekat Gus Dur. Mahfud juga merupakan kader Nahdlatul Ulama (NU).

“Mahfud MD dekat dengan kami, beliau kader NU dan juga kader Gus Dur. Kedekatan ini sudah lama, kami lihat Mahfud MD sosok untuk menegakkan hukum,” katanya saat deklarasi di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat (27/10/2023).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here