Home Nasional Persiapan Cawapres, Erick Thohir Urus Surat di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan

Persiapan Cawapres, Erick Thohir Urus Surat di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan

20
0

Baru-baru ini di jagat maya beredar foto Surat Keterangan Tidak Pernah Sebagai Terpidana (SKTPST) atas nama Menteri BUMN Erick Thohir.

Surat dengan Nomor: W10.U3/3200/Sktr/Hkm/2023 menyebutkan bahwa yang bersangkutan tidak sedang tidak pernah sebagai terpidana berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap.

Adapun surat keterangan tersebut dibuat sebagai bukti pemenuhan syarat calon wakil presiden RI. Surat tersebut ditetapkan di Jakarta Selatan pada 16 Oktober 2023 dan ditandatangani oleh Wahyu Iman Santoso, S.H., M.H. atas nama Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Selain surat keterangan yang dikeluarkan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Erick Thohir juga mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) ke Baintelkam Polri.

Meski tidak menyebutkan tujuan dari surat keterangan tersebut, namun kuat dugaan SKCK tersebut juga akan digunakan untuk memenuhi syarat untuk pencalonan wakil presiden RI 2024.

Menurut Karo Penmas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan permohonan penerbitan SKCK tersebut diajukan pada Selasa (17/10/2023).

“Jadi saya tanyakan (Baintelkam), stafnya yang bersangkutan yang mengajukan SKCK. (Diterbitkan) Kemarin,” ujar Ramadhan dikutip Detikcom, Rabu (18/10/2023).

Meski begitu, Ramadhan belum mengetahui lebih detail alasan permohonan penerbitan yang dilakukan Erick Thohir. SKCK tersebut telah diambil oleh staff Erick Thohir.

Terkait pencalonan presiden dan wakil presiden, SKCK merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh para calon.

Baintelkam Polri telah mengeluarkan 4 SKCK untuk kepentingan pendaftaran Capres-Cawapres dalam Pilpres 2024. Keempat SKCK itu milik Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Muhaimin Iskandar.

Dijelaskan, SKCK untuk Ganjar Pranowo dan Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sudah lebih dulu terbit pada Kamis (14/9/2023) lalu. Sementara Anies Baswedan mendatangi gedung Baintelkam Polri pada Senin (25/9/2023).

“Sampai saat itu Baintelkam Polri sudah menerbitkan empat SKCK bacapres-bacawapres, satu Bapak Ganjar Pranowo, dua Bapak Prabowo, tiga Bapak Muhaimin, empat bapak Anies Baswedan,” kata Ramadhan, Senin (25/9/2023).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here