Home Daerah Perkuat Perlindungan Wilayah Pesisir, LindungiHutan Tanam 375 Mangrove di Demak

Perkuat Perlindungan Wilayah Pesisir, LindungiHutan Tanam 375 Mangrove di Demak

46
0

Mangrove merupakan tanaman yang memberikan perlindungan bagi wilayah pesisir, sekaligus menjadi bagian dari ekosistem yang memberikan banyak manfaat bagi lingkungan hidup.

LindungiHutan sebagai sebuah startup lingkungan yang berfokus pada aksi konservasi hutan dan pemberdayaan masyarakat sekitar hutan menjalin kemitraan dengan 4 brand untuk rehabilitasi hutan mangrove di Demak, Jawa Tengah.

Keempat mitra tersebut yaitu TelusuRI, Control Zero, Tumbuh Setaman dan Trivadya Trip, melakukan reboisasi dengan 375 mangrove di pesisir utara Desa Bedono, Sayung, Kab. Demak, Jawa Tengah, (12/10/2023).

Aksi penanaman mangrove tersebut menjadi bukti nyata dan bentuk kepedulian terhadap Desa Bedono yang terletak di wilayah pesisir yang mengalami degradasi cukup signifikan akibat dari kerusakan lingkungan.

Kegiatan penanaman mangrove dilakukan mulai pukul 07.30-11.00 WIB. Proses penanaman berjalan dengan lancar dengan melibatkan tim LindungiHutan dan Mak Jah sebagai Mitra Petani.

Dalam keterangannya, 375 pohon mangrove tertanam hasil kolaborasi Mitra Hijau dan LindungiHutan tersebut merupakan komitmen bersama sebagai upaya rehabilitasi alam di Desa Bedono. Melalui penanaman ini juga dapat memperkuat pesisir Desa Bedono dalam menghadapi tantangan abrasi dan perubahan iklim.

Selain memberikan manfaat secara langsung kepada lingkungan, aksi ini juga berkontribusi untuk memberdayakan masyarakat lokal mengelola lingkungan.

Upaya penghijauan ini juga berkontribusi dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) pada tahun 2030.

Kontribusi ini mencakup upaya pencegahan degradasi lahan akibat abrasi, pengurangan dampak banjir bagi warga, upaya peningkatan tutupan hijau di wilayah pesisir, pengurangan emisi karbon, peningkatan perekonomian serta penyedia jam kerja bagi petani dan warga setempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here