Home Nasional Pemasangan Alat Peraga Kampanye Pemilu Ada Aturannya, Simak Nih!

Pemasangan Alat Peraga Kampanye Pemilu Ada Aturannya, Simak Nih!

26
0

Sebagai bagian dari pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) yang demokratis, kegiatan kampanye memang diperbolehkan dan menjadi ajang bagi kontestan pemilu untuk menyampaikan visi dan misinya.

Kampanye Pemilu 2024 rencananya akan dilaksanakan 28 November 2023-10 Februari 2024. Tahapan ini dapat dimanfaatkan peserta pemilu untuk menyampaikan visi dan misinya kepada masyarakat, baik secara langsung maupun melalui bahan atau Alat Peraga Kampanye (APK).

Meski demikian, secara khusus terkait penggunaan bahan kampanye atau APK, ada regulasi yang mengatur tentang penempatan atau penempelan APK ini. Sebagaimana tertuang dalam Pasal 70 dan 71 Undang-undang (UU) 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Pada Pasal 71 disebutkan tempat umum yang dilarang ditempelkan bahan kampanye yakni, tempat ibadah, rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan, tempat pendidikan, gedung atau fasilitas milik pemerintah, jalan-jalan protokol, jalan bebas hambatan, sarana dan prasarana publik dan/atau taman dan pepohonan.

“Kecuali nanti putusan MK (yang) membatasi lokusnya,” ujar Anggota KPU Betty Epsilon Idroos.

Sementara pada Pasal 71 APK dilarang dipasang pada tempat umum yakni tempat ibadah, rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan, tempat pendidikan, gedung atau fasilitas milik pemerintah, fasilitas tertentu milik pemerintah, dan fasilitas lainnya yang dapat mengganggu ketertiban umum.

Sementara aturan terkait media kampanye peserta pemilu yang kini diatur paling banyak 20 akun disetiap aplikasinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here