Home Ekonomi Job Fair Nasional 2023, BP2MI Dorong Penempatan Pekerja Migran Terampil dan Profesional

Job Fair Nasional 2023, BP2MI Dorong Penempatan Pekerja Migran Terampil dan Profesional

17
0

Partisipasi Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) dalam kegiatan Job Fair Nasional 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan, di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran, Jumat hingga Minggu, 27-29 Oktober 2023.

BP2MI menawarkan berbagai peluang kerja ke luar negeri melalui skema Government to Government (G to G), seperti ke negara Korea Selatan, Jepang, Jerman dan Arab Saudi, untuk sektor kesehatan, manufaktur, dan perikanan.

“BP2MI mendukung pelaksanaan Job Fair ini, karena sejalan dengan program BP2MI dalam mendorong penempatan Pekerja Migran Indonesia terampil dan professional, diharapkan akan banyak terjaring pencari kerja yang terampil dan profesional dalam kegitan ini,” ujar Direktur Penempatan Kawasan Amerika dan Pasifik BP2MI, Mocharom Ashadi, yang hadir mewakili Kepala BP2MI, di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Jumat (27/10). 

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, dalam pembukaan Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional 2023, mengatakan sebanyak 56.566 lowongan pekerjaan terbuka dari 135 perusahaan yang terlibat dalam kegiatan ini.

Ida berharap, Job Fair 2023 tersebut akan efektif mempertemukan antara pencari kerja dan pemberi kerja atau perusahaan.

Sementara itu, Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, yang membuka acara ini mengapresiasi inisatif Kementerian Ketenagakerjaan atas penyelenggaraan acara Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional 2023.

Kegiatan tersebut diharapkan menjadi langkah efektif untuk mendiseminasi informasi penyelenggaraan pelatihan vokasi sekaligus memfasilitasi pemangku kepentingan, termasuk pencari kerja, pemberi kerja, dan stakeholders ketenagakerjaan lainnya untuk melakukan bisnis proses pelatihan vokasi.

Adapun acara ini merupakan acara puncak dari rangkaian Festival Vokasi 2023 yang terdiri dari pameran pelatihan dan produk vokasi, job fair nasional, seminar sertifikasi, layanan ketenagakerjaan, lomba keterampilan, dan meetup ekosistem ketenagakerjaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here