Home Olahraga Indonesian GP 2023: Francesco “Pecco” Bagnaia Juara MotoGP Mandalika

Indonesian GP 2023: Francesco “Pecco” Bagnaia Juara MotoGP Mandalika

50
0

Hajatan bergengsi Pertamina Grand Prix of Indonesia (Indonesian GP) 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok Tengah, NTB, (15/10/2023) berjalan lancar. Pertarungan para riders terbaik dunia mampu menyajikan tontonan berkualitas yang memanjakan para pengunjung.

Di kelas MotoGP, pembalap Ducati Lenovo Team, sekaligus juara MotoGP 2022, Francesco “Pecco” Bagnaia berhasil menjadi juara setelah melalui pertarungan sengit dalam 27 laps yang digelar.

Rider Italia tersebut tampil menakjubkan pada race MotoGP Mandalika setelah sebelumnya tidak tampil maksimal pada sesi latihan bebas hingga Tissot Sprint (sprint race).

Mengawali balapan di grid lima pada posisi 13, Pecco tampil taktis hingga mampu mengamankan podium pertama dengan torehan waktu 41 menit 20,293 detik.

Podium kedua direbut oleh rider Spanyol dari Aprilia Racing, Maverick Vinales, dengan selisih waktu 0,306 detik. Menyusul di posisi ketiga runner up MotoGP 2022, Fabio Quartararo. Rider asal Prancis dari tim Monster Energy Yamaha MotoGP tersebut hanya berselisih 0,433 detik dari Pecco.

Pertarungan para riders berjalan panas sejak lampu start menyala. Pembalap Spanyol dari Prima Pramac Racing Jorge Martin, langsung menyodok ke posisi pertama dari posisi start enam. Dia pun sempat mengukir selisih waktu hingga 3 detik dengan rider di belakangnya.

Namun, Martin terjatuh pada lap ke-13 dan tak mampu melanjutkan balapan. Nasib serupa juga menimpa rekan setim Martin asal Prancis, Johann Zarco yang terjatuh pada lap ke-15.

Dua pembalap Spanyol dari Repsol Honda Team, Marc Marquez dan Joan Mir juga sama-sama gagal finish setelah terjatuh masing-masing pada lap ke-8 dan ke-11.

Dua riders Spanyol dari tim GASGAS Factory Racing Tech3, Pol Espargaro dan Augusto Fernandez, gagal menyelesaikan balapan lantaran terjatuh masing-masing pada lap ke-2 dan ke-13.

Sementara itu, rider Italia peraih pole position dari tim Mooney VR46 Racing Team, Luca Marini, itu harus menelan pil pahit setelah gagal melanjutkan balapan pada lap ke-5.

Adik juara dunia 9 kali Valentino Rossi itu terjatuh setelah bersinggungan dengan rider Afrika Selatan dari Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder. Sempat mencoba melanjutkan balapan, Marini akhirnya harus masuk ke pit lane dan gagal finish.

Pada seremoni kemenangan di podium, Président Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) Jorge Viegas memberikan trofi pada pemenang konstruktor dan peraih podium ketiga.

Untuk podium kedua, trofi diberikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, sementara trofi bagi juara race sekaligus peraih podium pertama diberikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here