Home Nasional Catat, Ini Ciri Pemilu yang Demokratis…

Catat, Ini Ciri Pemilu yang Demokratis…

56
0

Indonesia sebentar lagi akan menyelenggarakan pemilihan umum (pemilu). Tentunya semua pihak berharap agar pemilu berjalan lancar dan berlangsung secara demokratis.

Pemilu demokratis memang menjadi dambaan bagi semua. Pemilu yang demokratis ditandai oleh tiga hal, yaitu: politik partisipasi, pemilu inklusif dan adanya representasi lembaga demokrasi.

Hal ini disampaikan Anggota KPU Betty Epsilon Idroos saat menjadi keynote speaker MAW Talk Outlook 2024, “Strategi Keberlanjutan dan Bertumbuh di Tahun Politik: Perspektif Komunikasi dan Bisnis”, yang diselenggarakan secara daring oleh MAW Talk, Kamis (5/10/2023).

Terkait politik partisipasi, Betty menjelaskan bahwa hal ini erat kaitannya dengan partisipasi masyarakat untuk aktif di dalamnya.

Sementara pemilu inklusif dapat menjangkau setiap kelompok masyarakat agar dapat memiliki akses yang sama dalam pemenuhan hak dan tanggungjawab sebagai warga negara.

“Representasi lembaga demokrasi yang merepresentasikan semua kelompok masyarakat adalah cermin dari demokrasi yang sehat dan tangguh,” jelas Betty.

Mengutip Global State of Democracy, Betty mengungkapkan, mengkaji Ketahanan Demokrasi IDEA, yakni demokrasi memberikan kesetaraan suara warga, dan karenanya memajukan ekspresi kepentingan dan preferensi serta aliran informasi yang bebas, yang merupakan unsur penting pembangunan.

Keterlibatan warga negara dan keberadaan masyarakat sipil yang kuat, “melindungi” demokrasi melalui investigasi, transparansi informasi dan advokasi.

Jika warga negara sangat berkomitmen terhadap demokrasi, maka demokrasi akan bertahan sebagai gagasan ideal yang permanen dan esensial.

“Jadi kita bisa berperan memperbaiki demokrasi NKRI melalui proses pemilu yang dipengaruhi partisipasi, terlibat aktif, pemilu inklusif,” ujar Betty.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here