Home Mancanegara Bikin Bangga, Mahasiswa Indonesia Juara Tiga Dunia Shell Eco-marathon 2023

Bikin Bangga, Mahasiswa Indonesia Juara Tiga Dunia Shell Eco-marathon 2023

32
0

ITS Team Sapuangin dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil meraih posisi ketiga pada kompetisi mobil hemat energi Shell Eco-marathon World Championship 2023. Sementara posisi satu dan dua berasal dari perguruan tinggi Prancis.

Ajang kompetisi bergengsi dunia ini mempertemukan 12 tim pelajar yang telah diseleksi secara ketat untuk mewakili tiga wilayah (hub) yaitu: Amerika, Eropa dan Afrika, serta Asia-Pasifik dan Timur Tengah.

Kompetisi ini telah berlangsung di Bangalore, India, pada 10-12 Oktober 2023. World Championship ini menguji kendaraan yang paling efisien atau hemat energi dan cepat.

Dalam kategori mileage challenge atau adu efisien, Garuda UNY Eco Team 1 dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berada di posisi puncak. Sementara itu, ITS menyusul di urutan kedua dan perwakilan Denmark di peringkat tiga.

Ingrid Siburian, Presiden Direktur PT Shell Indonesia, mengatakan, “Shell memberikan platform konektivitas kepada generasi muda untuk melakukan inovasi teknologi dan mencari solusi dalam menjawab berbagai tantangan energi di masa depan.”

“Kita bersyukur dan bangga dengan prestasi para mahasiswa Indonesia yang berupaya mewujudkan mobilitas lebih cerdas dan berkelanjutan untuk masa depan dan diapresiasi secara global,” ujarnya.

Adim, Head of Frame & Body ITS Team Sapuangin, mengungkapkan banyak tantangan yang dilalui untuk berada di kejuaraan dunia Shell Eco-marathon.

“Pencapaian ini adalah bukti kemauan yang tinggi, kerja keras, dan tim yang solid. Tidak hanya mendorong inovasi, bagi saya, kesempatan ini sekaligus membuat kami fokus merancang mobil hemat energi daripada sekadar bermain gadget (gawai) saja,” ujar Adim.

Untuk wilayah Asia-Pasifik dan Timur Tengah terdapat tiga tim mahasiswa Indonesia, termasuk Arjuna UI Team dari Universitas Indonesia (UI), dan satu tim dari Singapura.

Mereka berhak mewakili region ini setelah masuk dalam empat terbaik Regional Championship Shell Eco-marathon yang diselenggarakan di Sirkuit Internasional Mandalika pada Juli 2023.

Pada World Championship 2023, region Amerika diwakili oleh tim pelajar dari Amerika Serikat dan Kanada. Selain Prancis, region Eropa dan Afrika mengirim delegasi dari Jerman dan Denmark.

Shell Eco-marathon memberikan kesempatan bagi para pelajar untuk merancang, membangun, dan menguji kendaraan hemat energi.

Tim pemenang dari tiap region akan berhadapan satu sama lain dalam kategori Urban Concept, desain kendaraan roda empat layaknya mobil penumpang konvensional yang dirancang untuk penggunaan di jalan raya.

Setiap kendaraan memilih satu dari tiga jenis bahan bakar, yaitu mesin pembakaran internal, baterai listrik, dan sel bahan bakar hidrogen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here