Home Nasional Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Resmi Mendaftar ke KPU

Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Resmi Mendaftar ke KPU

55
0

Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang terletak di Jalan Imam Bonjol No.29, Menteng, Jakarta, hari ini (19/10/2023) penuh dengan ribuan orang.

Mereka datang bukan untuk demonstrasi tapi mengantarkan pasangan capres dan cawapres idolanya mendaftar untuk mengikuti kontestasi Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu 2024.

Hadir pertama kali adalah pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang mendaftar di KPU. Kedua pasangan ini didampingi sejumlah petinggi Partai Nasdem, PKB, dan PKS.

Koalisi partai pendukung Anies dan Cak Imin yang tergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan mengikuti semua proses pendaftaran bakal calon capres dan bakal calon wapres.

Saat memperkenalkan pasangan ini kepada KPU dan publik, Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, berkata koalisinya berharap pemilihan presiden dan wakil presiden tidak akan menimbulkan perpecahan masyarakat. Dia juga berharap agar KPU bisa bekerja sesuai tugas dan batas kewenangan mereka.

“Kami punya keyakinan dan harapan bahwa pemilu yang berlangsung 14 Februari 2024 akan berlangsung secara tertib, tenang, diikuti partisipasi publik yang lebih hebat. Kami berharap pemilu yang akan kita jalankan akan berjalan sesuai harapan,“ ujar Surya Paloh.

Hal senada juga disampaikan oleh Anies Baswedan. Dalam acara pendaftaran tersebut, dia berharap KPU bisa menyelenggarakan pilpres secara jujur dan adil.

“Kami percaya di bawah kepemimpinan Bapak dan Ibu anggota KPU, pemilu bisa berjalan tertib, jujur, adil, sehingga menghasilkan hasil yang kredibel di depan seluruh rakyat,“ kata Anies.

Pasangan Ganjar-Mahfud menyerahkan program visi dan misi kepada Ketua KPU. (Foto: Tangkapan layar KPU)

Selanjutnya, sekitar pukul 12.30 giiran pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang mendatangi kantor KPU untuk melakukan pendaftaran.

Duet Ganjar dan Mahfud datang dengan diantar para petinggi parpol pendukung PDI Perjuangan, PPP, Partai Hanura, dan Partai Perindo. Ribuan massa pendukung baik dari parpol maupun relawan turut mengantar keduanya.

Ganjar dan Mahfud kemudian memasuki ruangan pendaftaran. Proses pendaftaran itu dibuka oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri yang memberikan sambutan. Mereka kemudian menyerahkan dokumen pendaftaran syarat capres cawapres kepada Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari dan anggota KPU RI lainnya.

Hasyim tampak menerima dokumen persyaratan tersebut. Sesi pendaftaran ini ditutup dengan foto bersama.

Dengan mendaftarnya pasangan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud, maka tinggal kubu Gerindra dan partai koalisinya yang belum mendaftarkan pasangan capres dan cawapresnya.

Sebagaimana diberitakan, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dibuka pada 19-25 Oktober 2023. Pendaftaran dilakukan di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat.

Selama 19-24 Oktober 2023, pendaftaran dibuka mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Sedangkan, pada 25 Oktober 2023, pendaftaran dibuka pukul 08.00-23.59 WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here